Investasi Udang Vaname, Dua Kali Panen Langsung Balik Modal

Senin, 20 Agustus 2018 - 14:59 WIB
Investasi Udang Vaname, Dua Kali Panen Langsung Balik Modal
Investasi Udang Vaname, Dua Kali Panen Langsung Balik Modal
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu, Sulawesi Barat mengatakan, investasi di tambak udang vaname begitu menjanjikan. Dalam dua kali panen saja, investor sudah bisa langsung balik modal.

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa mengatakan, dana investasi ke bisnis tambak udang vaname langsung memperoleh pendapatan 60% dari modal. Sementara sisanya yakni biaya operasional yang harus ditanggung.

"Persentase 60:40 untuk keuntungan dan biaya operasional. Misal katakan investasi Rp1 miliar, dua kali panen kembali (modal)," ujarnya di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Agus menjelaskan, dengan biaya operasional sebesar itu maka keuntungan yang investor dapatkan bisa lebih besar. Apalagi bisnis ini sendiri bersifat jangka panjang dengan jatuh tempo 10 tahun.

"Kita hitung operasional untuk beli benih, beli pupuk, perhitungannya sampai 40%. Penjualnya datang, beli seminggu sebelum panen, pasar ekspornya ke Jepang," katanya.

Pasangkayu memikiki lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan udang vaname seluas 13 ribu hektare. Udang vaname dinilainya memberi nilai ekonomi tinggi juga karena jangka panen singkat tiap tiga bulan sekali.

Saat ini, baru ada sekitar 100 hektare lahan sebagai pilot project untuk membentuk sistem budidaya dan nilai ekonomisnya. Menjadi contoh pertama di Indonesia, pengembangan bisnis udang vaname di Pasangkayu sudah menerapkan tambak ramah lingkungan serta berkelanjutan.

"Kita harap udang vaname jadi komoditas andalan Indonesia agar masyarakat sejahtera. Juga dengan mendapatkan 60% dari modal usaha," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)