Aktivitas Perusahaan Jaga Lingkungan Harus Berkelanjutan

Jum'at, 21 September 2018 - 00:06 WIB
Aktivitas Perusahaan Jaga Lingkungan Harus Berkelanjutan
Aktivitas Perusahaan Jaga Lingkungan Harus Berkelanjutan
A A A
JAKARTA - Aktivitas perusahaan dalam menjaga lingkungan sekitar hendaknya dilakukan berkelanjutan agar efeknya lebih besar. Hal tersebut disampaikan pengamat ekonomi lingkungan Universitas Indonesia (UI) Sonny Mumbunan.

"Tidak bisa dilakukan secara temporer, namun perlu upaya berkelanjutan. Begitu pula skalanya harus diperluas sehingga bisa memiliki efek yang lebih besar," ujar Sonny dalam keterangan pers, Kamis (20/9/2018).

Sonny tidak menampik, bahwa aksi semacam ini positif dan diharapkan bisa memunculkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya membersihkan permukaan bumi dari sampah, terutama plastik.

Untuk itu, Sonny juga memberi apresiasi kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam World Cleanup Day pada pekan lalu, termasuk Pertamina. Karena menurut Sonny, setiap kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan sampah pada prinsipnya adalah kegiatan yang baik. "Apapun yang dilakukan untuk bersih-bersih, saya rasa harus diapresiasi," kata Sonny.

Akhir pekan lalu seluruh aktivis, relawan, dan berbagai pihak yang peduli lingkungan melakukan aksi bersih-bersih memungut sampah. Aksi dilakukan terkait
World Cleanup Day yang merupakan aksi sosial global dengan tujuan memerangi masalah sampah global.

Pertamina misalnya, melakukan aksi tersebut di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Indramayu serta Karimunjawa. Di Indramayu, di antaranya BUMN tersebut menggalang seribu pelajar dan warga untuk turut berpartisipasi membersihkan Kali Prajagumiwang dan Kali Cimanuk Lama.

Sementara di Karimunjawa, kegiatan dilakukan di Pantai Nyamplung Ragas. Tidak hanya membersihkan sampah, BUMN itu juga menggelar workshop bagi masyarakat dan pelajar terkait pengelolaan sampah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7868 seconds (0.1#10.140)