Sri Mulyani: Dana Pensiun di Indonesia Masih Kurang Keren

Rabu, 26 September 2018 - 11:12 WIB
Sri Mulyani: Dana Pensiun di Indonesia Masih Kurang Keren
Sri Mulyani: Dana Pensiun di Indonesia Masih Kurang Keren
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa jumlah dana pensiun di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Menurut dia, jumlah dana pensiun semestinya lebih tinggi dari APBN.

"Saya menilai Rp200 triliun masih kecil dibandingkan (dana pensiun) di negara-negara maju. Itu kurang keren karena dana pensiun itu harusnya lebih besar dari APBN. Jadi (sekarang) masih kurang keren," ujar Menkeu di sela acara HUT Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Selain itu, Menkeu berpesan agar dana pensiun juga bisa dikelola dengan lebih baik. Dengan begitu, dana pensiun bisa menciptakan manfaat yang tinggi bagi masyarakat.

"Dana pensiun harus punya, pertama, integritas. Kedua kompetensi pengelola, profesionalisme dan melakukan check and balance. Akuntabilitas, yang artinya bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Dia pun berharap agar ADPI bisa lebih menyejahterakan karyawan melalui pengelolaan dana pensiun. Terlebih, dana pensiun bisa mempengaruhi ekonomi dengan menyejahterahkan masyarakat.

"Untuk itu memahami arah dari perekonomian sangat penting bagi para pengelola dana investasi, sehingga dapat meletakkan (investasinya) di instrumen yang sesuai," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)