Menhub dan Pelindo IV Berkoordinasi Pulihkan Pelabuhan di Palu

Senin, 01 Oktober 2018 - 17:46 WIB
Menhub dan Pelindo IV...
Menhub dan Pelindo IV Berkoordinasi Pulihkan Pelabuhan di Palu
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus berkoordinasi dengan PT Pelindo IV dalam membuka pelabuhan agar siap membantu distribusi logistik bagi korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal ini dalam upaya memudahkan kapal yang mendarat dalam menyalurkan bantuannya.

"Relatif ada ruang di Pelabuhan Pantoloan, jadi beberapa perjalanan kapal-kapal bisa langsung ke pantoloan. Bahkan planning lebih pasti kita memungkinkan fungsi pelabuhan dalam logostik," jelas Menhub Budi Karya di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Ia juga memastikan bahwa bebera[a banda dan pelabuhan sudah kembali beroperasi dalam 12 jam pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya. “Saya ingin memastikan bandara dan pelabuhan siap beroperasi dalam 12 jam pasca bencana alam di Palu, agar akses transportasi terutama untuk kegiatan darurat, seperti pengiriman bantuan kemanusiaan tidak terkendala,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Menhub beserta rombongan mengecek kondisi bandara Mutiara Sis Al Jufri dan Pelabuhan Pantoloan di Kota Palu. Kondisi Bandara dan pelabuhan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, gedung terminal mengalami kerusakan. Atap gedung terminal runtuh, tower ATC rusak, dan runway atau landasan pacu bandara mengalami keretakan sepanjang 400 meter dari total panjang runway 2500 meter. Hingga hari ini, masih dilakukan pembersihan are pelabuhan dan bandara. Mobile ATC dari Lombok juga telah dikirimkan ke bandara Mutiara Sis Al Jufri.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0617 seconds (0.1#10.140)