Kerja Sama Selatan-Selatan untuk Respons Gejolak Ekonomi Global

Selasa, 09 Oktober 2018 - 17:01 WIB
Kerja Sama Selatan-Selatan untuk Respons Gejolak Ekonomi Global
Kerja Sama Selatan-Selatan untuk Respons Gejolak Ekonomi Global
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengatakan bahwa ketegangan perdagangan dan ketidakpastian dalam perang tarif memberikan memberikan konsekuensi terhadap pasar. Adanya peningkatan signifikan terhadap tarif impor semakin menekan volume dan kinerja ekspor.

"Keadaan ekonomi global saat ini menuntut pentingnya kerja sama selatan-selatan, terutama untuk menciptakan respons, serta strategi dalam menangani berbagai situasi yang terjadi," ujar Wamenkeu dalam keterangan pers, Selasa (9/10/2018).

Hal itu disampaikannya dalam diskusi panel yang bertajuk "The Growing Importance of South-South Cooperation Amid Trade Tensions and Global Financial Market Volatility" dalam rangkaian acara IMF-WBG Annual Meetings 2018 di Sofitel, Nusa Dua, Bali.

Mardiasmo mengatakan, perang dagang antara Amerika Serikat dan China memberikan dampak besar pada pasar global. Keadaan ini merupakan tantangan bagi pemerintahan seluruh dunia untuk menetralisir keadaan dan tetap menjaga kesejahteraan masyarakat termasuk indonesia.

Kondisi ini, kata dia, menunjukkan pentingnya Kerja Sama Selatan-Selatan, terutama untuk menciptakan respons serta strategi yang potensial untuk mengatasi situasi yang terjadi. Selaras dengan salah satu tujuan dari diselenggarakannya Kerja Sama Selatan-Selatan yaitu untuk membuka peluang serta penetrasi pasar.
(fjo)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.2516 seconds (11.97#12.26)