Tinggalkan Rp15.000/USD, BI Sebut Nilai Tukar Rupiah Sudah Stabil

Selasa, 06 November 2018 - 13:07 WIB
Tinggalkan Rp15.000/USD, BI Sebut Nilai Tukar Rupiah Sudah Stabil
Tinggalkan Rp15.000/USD, BI Sebut Nilai Tukar Rupiah Sudah Stabil
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah belakangan ini menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD), bahkan telah meninggalkan level Rp15.000/USD. Bank Indonesia (BI) menilai pergerakan ini menunjukkan bahwa rupiah sudah mulai stabil.

Deputi Gubernur BI Dody B Waluyo mengatakan, mulai stabilnya mata uang Garuda diharapkan terus berlanjut. Apalagi pimpinan negara Amerika Serikat dan China sudah bertemu untuk meredam perang dagang.

"Artinya sudah stabil, berharap positif dengan pertemuan presiden AS dan China sehingga memberikan solusi yang positif ke negara berkembang," ujarnya di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Di samping hal itu, Dody menjelaskan, membaiknya faktor domestik, ikut mendukung penguatan rupiah. Meski pertumbuhan ekonomi kuartal III/2108 hanya 5,17% lebih rendah dari kuartal sebelumnya 5,27%, capaian ini dinilai masih cukup baik berkat dorongan dari permintaan domestik, investasi dan konsumsi.

Sementara itu, lanjut dia, data pertumbuhan kredit juga meningkat. Dody menilai perekonomian Indonesia bisa terus tumbuh seiring dengan keyakinan konsumen dan produsen meningkat.

"Itu semua memberi dukungan terhadap rupiah bisa di bawah Rp15.000/USD. Artinya, menekan current account deficit, kelihatan hasilnya meski belum maksimal," katanya.

Selain itu, Dody menambahkan, dampak impor terus berkurang kendati untuk belanja modal belum. Namun, impor nonproduktif menurutnya sudah berkurang.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8226 seconds (0.1#10.140)