Pink Legacy, Berlian Merah Muda Termahal Seharga Rp738 Miliar

Rabu, 14 November 2018 - 16:05 WIB
Pink Legacy, Berlian Merah Muda Termahal Seharga Rp738 Miliar
Pink Legacy, Berlian Merah Muda Termahal Seharga Rp738 Miliar
A A A
JENEWA - Rumah lelang Christie’s kembali melego sejumlah perhiasan mewah. Dan yang menarik perhatian adalah berlian berwarna merah muda seberat 19 karat, dengan sebutan Pink Legacy. Berlian ini memikat saudagar arloji dan perhiasaan Swatch, yaitu Nayla Hayek.

Nayla merupakan putri dari pendiri Swatch Group, Nicolas Hayek. Melansir dari Reuters, Rabu (14/11/2018), Nayla membeli Pink Legacy seharga USD50 juta. Bila dikonversi ke rupiah setara Rp738,93 miliar (estimasi kurs Rp14.778 per USD).

Sang pemilik baru akan memasukan dan mengganti nama berlian tersebut menjadi "The Winston Pink Legacy". Nama Winston merujuk dari perusahaan perhiasan milik Swatch yaitu Harry Winston Jeweler.

Ketua Rumah Lelang Christie’s, Francois Curiel, mengatakan dalam lelang semi tahunan ini terjaring uang USD110 juta alias Rp1,62 triliun, dimana 86% barang super mahal ini berpindah ke pemilik baru. Ada 11 pembeli yang merogoh uang lebih dari USD1 juta.

Nah, untuk berlian Pink Legacy dengan harga USD50 juta menjadikan berlian tersebut menembus rekor harga dunia untuk berlian merah muda. "Jadi harga berlian tersebut USD2,6 juta per karat, ini rekor baru untuk berlian merah muda," kata Curiel yang juga ahli permata.

Berlian ini disebut memiliki warna "hidup", peringkat tertinggi untuk warna berlian merah muda, permata tersebut juga murni secara internal dengan potongan persegi panjang dan dipasang pada cincin platina.

Pink Legacy memiliki catatan panjang, pernah dimiliki oleh keluarga Oppenheimer, fisikawan dan arsitek dari Manhattan Project--proyek bom nuklir Amerika Serikat. Kemudian beralih ke De Beers, salah satu pedagang berlian terbesar di dunia. Harga berlian ini sebelum lelang, ditaksir antara USD30 juta sampai USD50 juta.

Dalam lelang tersebut, Rumah Lelang Christie’s menutup rapat-rapat identitas si penjual berlian. Dan berlian ini menjadi sangat mahal, karena kata si rumah lelang, sebagian besar berlian merah muda beratnya kurang dari 1 karat.

Karena unik, terang Curiel, ada lima orang yang mengajukan penawaran melalui telepon untuk memiliki batu merah muda tersebut. Salah satu penawar datang dari Asia, yaitu Rahul Kadakia. Tetapi sang pemenang tender adalah wakil dari Harry Winston Jeweler yang duduk di barisan depan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)