Menaker Hanif Siapkan Tiga Strategi Transformasi bagi Industri

Kamis, 15 November 2018 - 16:57 WIB
Menaker Hanif Siapkan Tiga Strategi Transformasi bagi Industri
Menaker Hanif Siapkan Tiga Strategi Transformasi bagi Industri
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri meminta masyarakat tidak perlu takut menghadapi revolusi industri 4.0. Pasalnya, sejak revolusi industri pertama hingga ketiga, manusia tetap bisa bertahan.

"Yang penting, kita semua bisa menyesuaikan diri, termasuk juga dunia industri," kata Hanif dalam forum Diskusi Tempo Economic Briefing bertajuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia Dengan Revolusi Industri 4.0, di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Hanif mengatakan pemerintah telah menyiapkan tiga strategi transformasi bagi industri dalam menghadapi revolusi industri keempat.

"Pertama Industry Transformation Strategy. Strategi ini bertujuan agar industri tidak mengalami industries shock maupun manpower shock karena adanya perubahan model bisnis," tutur Hanif.

Kedua adalah Future Jobs. Seiring perkembangan model bisnis, kata Hanif, ada beberapa pekerjaan yang akan hilang, namun di sisi lain juga akan lahir jenis-jenis pekerjaan baru.

"Yang ketiga adalah Manpower planning. Dengan adanya perubahan jenis pekerjaan, maka skill yang dibutuhkan juga akan berubah. Sehingga harus ada pemetaan terkait skill apa yang akan dibutuhkan dan tidak dibutuhkan lagi," kata Hanif.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7141 seconds (0.1#10.140)