Menko Darmin Bersyukur Aset Orang Terkaya Indonesia Meningkat

Jum'at, 14 Desember 2018 - 14:59 WIB
Menko Darmin Bersyukur Aset Orang Terkaya Indonesia Meningkat
Menko Darmin Bersyukur Aset Orang Terkaya Indonesia Meningkat
A A A
JAKARTA - Ditunjang pertumbuhan ekonomi dan pasar modal yang setahun terakhir tumbuh sebesar 4,4%, aset bersih 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes mencetak rekor baru dengan total nilai USD129 miliar atau setara dengan Rp1.875, triliun (kurs rupiah Rp14.536/USD). Aset ini naik USD3 miliar dari tahun lalu.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa itu perlu disyukuri. "Kalau konglomerat itu penghasilannya meningkat itu bagus, itu perlu disyukuri," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (13/12/2018).

Namun, Darmin pun menginginkan agar aset masyarakat kecil juga meningkat. Hal itu, tegas dia, akan menjadi fokus utama pemerintah, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. "kita harapkan yang kecil juga harus meningkat. Jadi kita juga harus pikirkan yang kecil," katanya.

Sementara, Ekonom Indef Bhima Yudisthira menilai peningkatan aset bersih 50 orang terkaya Indonesia hingga mencetak rekor baru itu sebagai sinyal yang membahayakan bagi perekonomian Indonesia. Alasannya, kondisi tersebut memperlihatkan akumulasi pertumbuhan ekonomi hanya dinikmati oleh golongan masyarakat super kaya.

"Sementara orang miskin masih terjebak di sektor komoditas perkebunan yang harganya jatuh. Ini justru sinyal yang membahayakan," Katanya.

Kemudian, jika harta orang kaya meningkat dengan lebih dari konsumsi rumah tangga yang berada di kisaran 5%, itu artinya golongan kaya ini naik sendiri tanpa menciptakan multiplier effect ke kelompok masyarakat lainnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6246 seconds (0.1#10.140)