Laju Pelemahan Rupiah Diprediksi Tak Tertolong Kebijakan BI

Jum'at, 21 Desember 2018 - 09:08 WIB
Laju Pelemahan Rupiah Diprediksi Tak Tertolong Kebijakan BI
Laju Pelemahan Rupiah Diprediksi Tak Tertolong Kebijakan BI
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah masih berada di sekitar area middle bollinger band dan cenderung mencoba bertahan dari potensi pelemahannya. Kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menahan suku bunga Indonesia tetap pada level 6% diyakini tidak mampu menahan tren pelemahan rupiah.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, keputusan BI yang tetap mempertahankan level 7D-RR di level 6% tidak terlalu ditanggapi negatif berkelanjutan seiring dengan pergerakan USD yang juga sedang bergerak turun karena adanya penilaian outlook ekonomi AS yang cenderung melambat.

"Dengan kondisi USD yang cenderung melemah diharapkan dapat dimanfaatkan rupiah untuk dapat bergerak lebih positif. Meski demikian, tetap waspadai berbagai macam sentimen dan waspadai adanya sentimen yang dapat membuat laju rupiah kembali melemah," ujarnya di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.504-Rp14.489/USD. Sementara pasca diumumkannya kenaikan suku bunga Amerika Serikat alias Fed rate oleh The Fed, laju rupiah cenderung berbalik melemah.

"Adanya RDG-BI yang menyampaikan tingkat suku bunga acuan tetap dipertahankan di level 6% menjadi kurang kuat menahan pelemahan rupiah," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3819 seconds (0.1#10.140)