Lanud AD Gatot Subroto Lampung Akan Layani Penerbangan Sipil

Sabtu, 19 Januari 2019 - 00:02 WIB
Lanud AD Gatot Subroto Lampung Akan Layani Penerbangan Sipil
Lanud AD Gatot Subroto Lampung Akan Layani Penerbangan Sipil
A A A
JAKARTA - Lapangan Udara TNI AD (Lanud AD) Gatot Subroto yang terletak di Kecamatan Waytuba, Kabupaten Way Kanan, Lampung, akan segera beroperasi melayani penerbangan sipil.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Gatot Subroto ditargetkan, sudah dapat digunakan bulan Maret mendatang.

"Kita harapkan bulan Maret sudah bisa digunakan walaupun belum maksimal. Kita akan selesaikan dalam waktu tiga bulan. Safety menjadi aspek terpenting," ujar Menhub dalam siaran pers, Jumat (18/1/2019).

Menhub menjelaskan, Kementerian Perhubungan secara intens berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya TNI Angkatan Darat terkait kerja sama ini.

"Jadi saya bisa sampaikan bahwa koordinasi kami dengan instansi terkait, khususnya Angkatan Darat sudah disetujui, jadi kita tinggal menyelesaikan administrasinya saja," tutur Menhub.

Menhub mengatakan akan mengundang Presiden Joko Widodo Maret mendatang untuk meninjau operasional bandara baru tersebut.

Rencananya, pesawat yang akan beroperasi di Bandara Gatot Subroto Lampung ini berupa pesawat ATR dengan kapasitas 72 orang. Nantinya, rute yang akan dibuka adalah penerbangan dari Way Kanan menuju ke Palembang dan Jakarta, begitu pula sebaliknya.

"Jadi kalau bandara itu pertama kali yang akan mendarat di situ adalah pesawat ATR. Karena memang panjang landasannya itu hanya memenuhi syarat untuk pesawat ATR. Rutenya bisa ke Palembang atau ke Jakarta dengan kapasitas 72 orang," jelas Menhub.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3723 seconds (0.1#10.140)