Solusi Bagi Para Pencinta Fashion

Minggu, 17 Februari 2019 - 10:30 WIB
Solusi Bagi Para Pencinta Fashion
Solusi Bagi Para Pencinta Fashion
A A A
Wanita masa kini punya solusi untuk urusan penampilan. Tidak usah lagi merasa tak punya baju saat ingin beraktivitas ataupun pesta.

Bahkan, setelah ada Style Theory, startup buatan Chris Halim dan rekannya di Singapura, kaum hawa tak perlu menghamburkan uang untuk membeli pakaian.Ya, di Style Theory siapa pun dapat meminjam busana terbaik dari para desainer dan merek ternama.

Bagaimana Style Theory dapat menjadi solusi fashion masa kini? Bagaimana pula Chris memulai startup ini dan mengembangkannya? Berikut jawaban Chris kepada KORAN SINDO.

Bagaimana ide awal Style Theory dibuat?
Style Theory merupakan salah satu platform atau aplikasi penyewaan baju terbesar di Asia. Style Theory diluncurkan pertama kali di Singapura, tepatnya pada Mei 2016, dan masuk ke Indonesia sejak November 2017. Ide mendirikan Style Theory dilatarbelakangi oleh obrolan ringan dengan kolega.

Kami menyadari bahwa sebagian besar wanita memiliki kegelisahan dan permasalahan dalam berpenampilan, terutama pakaian. Mereka sering merasa tidak memiliki baju untuk dipakai, walaupun koleksi baju masih menumpuk dan bisa dipakai lagi.

Rental busana ini menjadi solusi bagi para wanita. Ada alasan di balik peminjaman busana ini?
Salah satu alasan utama kami mendirikan Style Theory memang untuk memperbaiki dan memberikan solusi pintar untuk wanita ketika mengonsumsi fashion . Kami ingin mengubah gaya hidup mereka, memberikan cara hidup berkelanjutan untuk mengonsumsi busana melalui jasa persewaan kami.

Karena itulah, kami merasa perlu ada sebuah cara untuk memberikan solusi bagi wanita. Mereka dapat selalu tampil menarik melalui fashion , tapi tidak terhambat oleh pilihan fashion yang itu-itu saja.

Bagaimana cara menggunakan Style Theory?
Style Theory merupakan aplikasi penyewaan baju berbasis langganan. Seluruh user experience berlangsung di satu aplikasi. Pengguna hanya tinggal mengunduh aplikasi Style Theory (iOS & Android) dan melakukan registrasi pendaftaran.

Untuk menikmati layanannya, pengguna harus berlangganan terlebih dulu dengan biaya pendaftaran sebesar Rp590.000 pada bulan pertama. Pada dasarnya sistem langganan yang ditawarkan adalah commitment free. Setelah satu bulan, pelanggan dapat memutuskan untuk melanjutkan ke langganan commitment plan (3 bulan atau 6 bulan).

Sebelum melakukan peminjaman, pengguna akan diminta memasukkan perkiraan ukuran tubuh sehingga pada saat pengguna memilih baju yang akan dipinjam, Style Theory dapat secara otomatis memberikan rekomendasi ukuran yang tepat. Pelanggan bisa menyewa baju sebanyak tiga pieces dalam sekali penyewaan.

Pelanggan boleh menyimpan baju yang dipinjam sampai kapan pun selama masa berlangganannya tetap aktif. Jika ingin melakukan penyewaan berikutnya, pelanggan harus mengembalikan tiga baju yang disewa sebelumnya terlebih dulu.

Bagaimana perkembangan Style Theory hingga saat ini?
Kami telah memiliki ribuan pengguna di Indonesia. Sebagai perusahaan fashion, kami berupaya menghadirkan inovasi yang relevan untuk wanita. Tahun lalu kami meluncurkan Style Theory Modest, di mana koleksi yang kami suguhkan memiliki lebih banyak modest wear yang pas untuk para wanita pengguna hijab.

Sementara tahun ini kami telah memperluas area operasional Style Theory hingga ke Bandung dan Surabaya. Selanjutnya, Style Theory akan terus berkomitmen untuk menghadirkan koleksi pakaian yang selalu on trend serta diminati oleh pelanggan. Selain itu, juga melebarkan sayap operasional Style Theory ke kota lain.

Bagaimana respons dari pengguna?
Kami mendapatkan respons yang baik, di mana pengguna cukup antusias dengan konsep yang kami hadirkan. Penyewaan baju merupakan hal yang baru di Indonesia dan banyak orang yang belum begitu familier dengan konsep “menyewa” sehingga kehadiran kami menjadi angin segar di antara penyedia fashion lain.

Apa tantangan yang Anda hadapi ketika membangun Style Theory?
Salah satu tantangan yang kami hadapi ketika menghadirkan Style Theory di Indonesia adalah infrastruktur logistik, baik di Jakarta maupun kota lain. Selain itu adalah menjelaskan konsep dari penyewaan baju kepada konsumen di Indonesia.

Kami memberikan servis all in one dengan kualitas yang baik, di mana kami juga menyediakan laundry dan delivery service sehingga pelanggan hanya perlu meminjam dan menikmati kemudahan dari pelayanan yang kami hadirkan.

Adakah kerja sama dengan fashion brand tertentu atau pihak lain?
Dalam perhelatan Jakarta Fashion Week 2019 pada Oktober lalu, kami bekerja sama dengan brand fashion lokal, yakni Paulina Katarina, Rani Hatta, dan Day and Night, untuk menghadirkan koleksi mereka di Style Theory dengan konsep “See Now, Rent Now”, di mana koleksi yang ditampilkan dapat langsung disewa melalui aplikasi Style Theory.

Desainer lokal di Style Theory sudah ada Purana, Populo, Amanda Rahardjo, Day and Night, Etterette, Ingrid Husodo, Major Minor, Mazuki, Nadiya, Nikicio Black Label, Paulina Katarina, Rani Hatta, dan Renoir.

Bagaimana menurut Anda atmosfer startup digital yang dibuat anak muda di Indonesia dan Singapura?
Anak-anak muda di Indonesia dan Singapura sama-sama memiliki antusiasme yang tinggi untuk membangun startup dengan menciptakan konsep atau terobosan yang segar, inovatif, serta menghadirkan solusi yang dibutuhkan untuk publik saat ini.

Pandangan Anda melihat banyaknya anak muda Indonesia yang kini menjadi pelaku startup digital?
It’s a very good thing . Menurut saya, inovasi sangat dibutuhkan, terutama pada zaman sekarang, di mana kita membutuhkan banyak anak muda yang mewujudkan visi mereka dengan memulai bisnis/startup -nya sendiri.

Menurut saya, saat ini banyak solusi dibutuhkan untuk memperbaiki gaya hidup serta memberikan manfaat untuk banyak orang. Seperti hadirnya Style Theory sebagai salah satu solusi smart fashion atau startup lain yang dihadirkan untuk menanggulangi problem sehari-hari seperti macet, pinjaman uang, dan lain-lain.

Apa pesan Anda untuk para calon entrepreneur startup ?
Temukan masalah yang Anda sukai dan fokus untuk membangun solusi bagi pelanggan Anda. Jika Anda berpikir untuk membangun startup , pastikan solusi Anda 10 kali lebih baik dari cara sebelumnya. Mencoba untuk melakukan sesuatu yang memiliki dasardasar baik untuk diukur.
(Ananda Nararya)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3747 seconds (0.1#10.140)