Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Dimulai

Kamis, 21 Februari 2019 - 11:39 WIB
Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Dimulai
Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Dimulai
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) secara resmi memulai pengerjaan proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar bersamaan dengan diserahkannya surat perintah kerja kepada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sebagai mitra kontraktor.

"Lack of capacity merupakan masalah utama yang terjadi di hampir seluruh bandara Angkasa Pura I, termasuk di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kapasitas terminal Bandara Sultan Hasanuddin hanya 7 juta penumpang per tahun. Sementara pada 2018, trafik penumpang bandara ini sudah mencapai 13,5 juta," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang dilakukan WIKA adalah perluasan terminal penumpang domestik ke sisi selatan, gedung parkir, dan akses jalan utama terminal di mana beberapa pekerjaan ini masuk ke dalam pengembangan Tahap I Paket I. Proyek pengembangan yang dilakukan WIKA ini ditargetkan selesai pada April 2021.

Pada proyek pengembangan ini, terminal eksisting akan diperluas dari yang saat ini hanya 51.815 m2 dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun menjadi 144.480 m2 dengan kapasitas 15,5 juta penumpang per tahun.

Proyek pengembangan Tahap I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ini terdiri dari dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 yang terdiri dari pekerjaan revitalisasi terminal eksisting, perluasan terminal eksisting sisi selatan, gedung parkir, akses jalan utama terminal.

Paket 2 terdiri dari pekerjaan pembangunan apron selatan dan apron timur beserta infrastruktur penunjang. Nantinya, kapasitas apron akan bertambah menjadi 37 parking stand dari jumlah saat ini yang hanya 34 parking stand.

Pengembangan Paket 1 dikerjakan oleh WIKA dengan nilai Rp2,6 triliun. Sedangkan mitra kontraktor pengembangan Paket 2 dengan nilai proyek sebesar Rp464,2 miliar saat ini masih dalam proses penetapan.

Ke depannya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan dikembangkan hingga tahap ultimate di mana pengambangan dibagi ke dalam empat tahap pengembangan. Setelah pengembangan Tahap I dimulai tahun ini, pengembangan Tahap II akan dimulai pada 2024 di mana pada tahap ini kapasitas penumpang akan bertambah menjadi 21 juta penumpang per tahun dan kapasitas parking stand menjadi 47 parking stand.

Pengembangan Tahap III akan dimulai pada 2034 dengan penambahan kapasitas terminal menjadi 30,8 juta penumpang per tahun dengan 64 parking stand. Sementara pengembangan Tahap IV akan dimulai pada 2044 dengan kapasitas ultimate terminal mencapai 40 juta penumpang per tahun dengan 78 parking stand.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3685 seconds (0.1#10.140)