PT Sekawan Sumber Sejahtera Dorong Perluasan Pasar

Kamis, 14 Maret 2019 - 05:06 WIB
PT Sekawan Sumber Sejahtera Dorong Perluasan Pasar
PT Sekawan Sumber Sejahtera Dorong Perluasan Pasar
A A A
JAKARTA - Pemerintah bertekad memperluas pasar bagi industri berorientasi ekspor, salah satunya dengan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang berlangsung pada 11-14 Maret 2019 di Jakarta.

Seiring dengan penyelenggaraan IFEX 2019, PT Sekawan Sumber Sejahtera berikhtiar memperluas peluang pasar bagi produk kayu olahan industri dalam negeri. Pameran menjadi ajang mereka untuk membuktikan bahwa industri kayu olahan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak dan berorientasi ekspor.

"Industri kayu dan kehutanan banyak berhubungan langsung dengan petani dan mempunyai ratusan buruh. PT Sekawan Sumber Sejahtera di Temanggung sebagai salah satu pelaku industri kehutanan di sektor hilir menyambut positif langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk penguatan struktur ekonomi nasional sehingga menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar," kata Direktur Operasional PT Sekawan Sumber Sejahtera, Budi Handoko, dalam keterangan resmi, Rabu (13/3/2019).

Dalam relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang baru diterbitkan tahun 2018, sektor industri kehutanan merupakan salah satu sektor yang dibuka bagi UMKM, PMDN dan PMA, untuk meningkatkan efisiensi dan ekspor. Sebagai industri padat karya, percepatan ketersediaan lapangan kerja diharapkan akan tercipta dengan masuknya investor dalam dan luar negeri.

Dengan adanya kelonggaran dari sumber investasi luar negeri tersebut, Asosiasi Panel Kayu Indonesia (Apkindo) menjabarkan produksi kayu lapis Indonesia bisa naik dari 3,5 juta meter kubik menjadi 9,5 juta meter kubik. Di sektor ekspor, dari 3 juta meter kubik menjadi 7,5 juta meter kubik.

"Hal ini juga akan mendorong potensi penyerapan tenaga kerja langsung, dari 50.000 orang, naik menjadi 175.000 orang," kata Budi Handoko.

PT Sekawan Sumber Sejahtera juga memberi pembinaan tenaga kerja dalam bentuk pelatihan dan pengenalan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan mesin produksi untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja.

"Dari segi penyerapan tenaga kerja, sebagaian besar pekerja berasal dari Temanggung sendiri, walaupun ada sejumlah tenaga kerja yang berasal dari luar Temanggung. Dengan komposisi pekerja pria sebesar 90% dan 10% pekerja wanita," kata Budi Handoko.

Untuk menembus pasar Amerika Serikat, PT Sekawan Sumber Sejahtera telah mendapatkan kelulusan dari Mutu Certification International, yang menyebutkan bahwa kayu lapis yang diproduksi sudah memenuhi standar emisi formaldehyde.

Sebagai salah satu perusahaan yang mempunyai jumlah tenaga kerja ratusan, PT Sekawan Sumber Sejahtera berharap agar industri kayu lapis mendapat keringanan pajak. Hal ini demi menunjang pengembangan SDM dan teknologi untuk menembus pasar internasional.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6673 seconds (0.1#10.140)