Setelah Pemilu Industri Properti Akan Semakin Membaik

Senin, 29 April 2019 - 22:30 WIB
Setelah Pemilu Industri Properti Akan Semakin Membaik
Setelah Pemilu Industri Properti Akan Semakin Membaik
A A A
JAKARTA - Pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung lancar diyakini akan membuat pelaku ekonomi melangkah lebih positif, terlihat dari pergerakan indeks perdagangan dan kurs yang relatif aman. Pelaku industri properti pun turut optimistis terhadap pergerakan pasar industri properti di pemerintahan baru nantinya.

Hal ini terlihat dari hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019. Riset menyebutkan, keinginan masyarakat untuk membeli hunian semakin tinggi. Berdasarkan rentang usia pembeli properti, generasi milenial menjadi responden yang paling antusias untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan.

Preferensi mereka adalah kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum. Namun demikian, generasi milenial masih belum memiliki perencanaan yang matang dalam rencana membeli rumah.

"Survei Rumah.com Property Sentiment Index H1-2019 juga menunjukkan responden dengan rentang usia 28-30 tahun adalah yang paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri dan pindah dari rumah orangtua mereka," ujar Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Ike memproyeksikan akan adanya peningkatan transaksi pembelian properti khususnya para konsumen KPR pada kuartal ketiga 2019 nanti. Pengguna KPR baru akan naik pascapemilu, bulan Ramadhan serta Idul Fitri dan tahun ajaran baru sekolah karena masyarakat cenderung akan lebih memprioritaskan dana untuk penggunaan yang konsumtif.

Generasi milenial yang berencana keluar dari rumah orang tua dalam enam bulan ke depan, tidak semuanya serta-merta membeli rumah. Sebanyak 25% memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri.

Melihat data yang ada, tampaknya minat dan keinginan generasi milenial untuk hidup terpisah dari orangtua dan mandiri cukup tinggi, namun belum semua diiringi kemampuan dan kemauan untuk membeli rumah. Mereka harus diyakinkan agar sedini mungkin mempersiapkan keuangannya untuk membeli rumah.

Tren pasar properti yang cenderung landai menjelang bulan Ramadan serta Idul Fitri mendatang sebenarnya bisa dimanfaatkan konsumen khususnya bagi generasi milenial untuk bisa mendapatkan rumah dengan harga terbaik. Karena pada periode ini, pasar properti akan berpihak kepada pembeli.

Periode Ramadan, kata Ike, adalah periode di mana pasar bersifat buyers market. Artinya, daya tawar dari pengembang cenderung lebih lemah terhadap pembeli, baik itu pembeli untuk ditinggali maupun pembeli untuk investasi. Pada periode ini, pengembang biasanya menawarkan banyak promo, bonus, serta kemudahan-kemudahan lainnya.

Semakin membaiknya pasar properti di kuartal ketiga 2019 menunjukkan bahwa berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah memang membawa dampak positif terhadap pasar. Hal ini menunjukkan bahwa program-program pelonggaran LTV, FLPP, serta model pembiayaan lainnya berdampak positif pada perkembangan properti di tanah air.

Selama ini pemerintah sudah mengeluarkan berbagai kebijakan yang memudahkan masyarakat untuk memiliki rumah. Program rumah subsidi diluncurkan untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang berpenghasilan maksimal Rp4 juta.
Sementara bagi kelas menengah yang belum pernah memiliki rumah sebelumnya, bisa memanfaatkan program pemanfaatan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) yang memberikan bunga capped suku bunga Bank Indonesia Repo Rate ditambah 3%.

Pemerintah juga telah melakukan relaksasi Loan to Value (LTV) sehingga pengembang bekerja sama dengan bank bisa menawarkan cicilan dengan uang muka hingga 0%. Selain itu Pemerintah juga meluncurkan badan pembiayaan nonbank, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun pembiayaan untuk lembaga penyalur KPR, yakni Sarana Multigriya Infrastruktur (SMI) dan Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Berbagai kebijakan pemerintah tersebut mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Hal ini tercermin dari hasil survei Rumah.com Property Sentiment Index H1-2019, yang merangkum seluruh aspek sentimen pembeli dan calon pembeli terhadap kondisi pasar properti saat ini berada di angka 57, naik dari periode sebelumnya sebesar 51.Secara keseluruhan, responden menilai harga properti masih berada di batas wajar dan terjangkau. Tingkat kepuasan terhadap iklim properti pun masih terjaga di atas 65%.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)