Tahun Ini Orang-orang Kaya Mulai Memburu Properti

Jum'at, 25 Februari 2022 - 20:22 WIB
loading...
Tahun Ini Orang-orang Kaya Mulai Memburu Properti
Pencarian untuk properti di atas Rp1 miliar naik signifikan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kondisi industri properti pada 2021 terasa jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Perbaikan itu tak lepas dari langkah-langkah tepat yang diambil oleh pemerintah.



Marine Novita, Country Manager Rumah.com, menjelaskan berbagai stimulus pemerintah mampu membuat konsumen lebih percaya diri mengambil keputusan untuk membeli properti . Data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2022 menunjukkan adanya kenaikan secara kuartalan maupun tahunan dari sisi harga di sepanjang 2021, meski tren itu menunjukkan perlambatan pada kuartal keempat 2021.

"Sesuai siklus tahunan pula, Rumah.com memperkirakan bahwa tren harga, suplai, maupun permintaan akan kembali meningkat memasuki 2022. Namun semuanya bergantung pada kesigapan pemerintah mengantisipasi munculnya varian Omicron," jelas Marine, Jumat (25/2/2022).

Menurut data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2022, indeks harga properti di Indonesia stabil setelah tumbuh signifikan pada Q2 2021 sebesar 2,29% (Q to Q) dan Q3 2021 sebesar 1,79% (Q to Q). Situasi ini disebabkan oleh melambatnya pertumbuhan harga rumah tapak dan apartemen pada Q4 2021. Sementara itu, indeks suplai properti turun sebesar 2,15% secara kuartalan.

Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) tersebut memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 700.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.



Marine menuturkan bahwa data lain yang bisa membuat industri properti lebih optimistis di 2022 adalah permintaan properti yang didominasi oleh kelas menengah atas. Ini artinya, semakin banyak orang yang lebih berani untuk mengeluarkan uangnya untuk aset-aset besar seperti properti.

"Data pencarian properti di Rumah.com menunjukkan sebanyak 52% pencarian properti hunian merupakan pencarian dengan harga di atas Rp1 miliar. Kepercayaan diri pada pasar menengah ke atas menjadi indikasi makin pulihnya situasi pasar properti nasional dan ekonomi nasional pada umumnya," jelas Marine.

Optimisme industri properti juga didorong dengan adanya perpanjangan berbagai stimulus pemerintah. Perpanjangan pemberlakuan stimulus PPN ditanggung pemerintah (PPN DTP) hingga akhir September 2022 dan perpanjangan kebijakan uang muka alias down payment (DP) nol persen hingga akhir Desember 2022 memberikan harapan untuk penjualan properti di 2022.



Kesempatan untuk mendapatkan hunian dengan harga terbaik bisa didapatkan melalui pameran properti virtual bertajuk BTN Anniversary Virtual Property Expo yang diselenggarakan oleh Bank BTN dalam rangka merayakan ulang tahunnya ke-72. Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia kembali ditunjuk oleh Bank BTN sebagai penyedia teknologi untuk pameran properti virtual ini.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)