BI Pelajari Konsep Pemindahan Ibu Kota

Jum'at, 03 Mei 2019 - 08:17 WIB
BI Pelajari Konsep Pemindahan Ibu Kota
BI Pelajari Konsep Pemindahan Ibu Kota
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana memisahkan antara pusat pemerintahan dengan pusat bisnis. Ini merupakan salah satu upaya memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa.

Terkait rencana pemindahan ibu kota ini, Bank Indonesia mengatakan sedang mempelajari konsep mengenai pemindahan ibu kota ini secara detail.

"Bank Indonesia sedang mempelajari konsep mengenai pemindahan ibu kota ini. Mau melihat dulu seperti apa konsepnya. Setelah itu, kita melakukan kajian dan koordinasi," terang Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Onny Widjarnako di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan jika terjadi pemindahan ibu kota, maka lembaga eksekutif, yudikatif, dan legislatif akan ikut pindah. Sedangkan lembaga yang menunjang bisnis dan keuangan akan tetap berdomisili di Jakarta.

Menurut Bambang, lembaga moneter dan keuangan akan tetap berada di Jakarta, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Menurut Bambang, alasan mengapa BI hingga OJK tidak pindah karena mereka masih akan menjadi ujung tombak dari pusat keuangan dan bisnis. Pasalnya mayoritas perbankan dan pusat bisnis lainnya berada di Jakarta.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2383 seconds (0.1#10.140)