Begini Cara Menyiapkan Dana Darurat Agar Tak Bokek usai Lebaran

Rabu, 05 Juni 2019 - 12:01 WIB
Begini Cara Menyiapkan Dana Darurat Agar Tak Bokek usai Lebaran
Begini Cara Menyiapkan Dana Darurat Agar Tak Bokek usai Lebaran
A A A
JAKARTA - Kebutuhan dana selama Lebaran tanpa disadari kadang begitu besar. Akibatnya, tak jarang sehabis Lebaran keuangan betul-betul dalam kondisi merah.

Karenanya, dana darurat menjadi salah satu pos yang wajib diadakan di dalam keuangan. Dana ini sangat penting dan akan menjadi sumber dana di saat-saat yang tidak terduga. Sebab, meski telah memiliki anggaran keuangan yang tepat, ada kondisi tertentu di mana Anda membutuhkan sejumlah dana di luar anggaran.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, jenis dana darurat yang bisa Anda siapkan adalah dalam bentuk tabungan berjangka yang bisa dipakai saat mendadak.

"Memang kalau Lebaran terkadang anggaran kita bakal menipis bahkan habis. Jadi kalau mau kita enggak bokek-bokek banget, kita harus punya dana darurat. Makanya tabungan berjangka itu harus ada untuk dana yang dibutuhkan mendadak," ujar Eko kepada SINDOnews.

Dia mengatakan, jumlah dana darurat yang disimpan adalah sebanyak 3-6 pengeluaran bulanan. "Untuk itu Anda bisa menyisihkan penghasilan Anda 10% tiap bulannya, dan setelah terkumpul sebanyak 1-2 bulan pengeluaran, Anda bisa menurunkan angka tersebut menjadi 5%, dan 5% lagi bisa Anda gunakan untuk melakukan investasi," katanya.

Dia juga menyarankan agar Anda peduli dan selalu memerinci anggaran yang dikeluarkan. Hal ini akan sangat membantu dalam mengelola keuangan pribadi Anda.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)