Cek Lokasi Penukaran Uang untuk Lebaran, Per Orang Dibatasi Rp3,8 Juta

Senin, 11 April 2022 - 17:42 WIB
loading...
Cek Lokasi Penukaran Uang untuk Lebaran, Per Orang Dibatasi Rp3,8 Juta
Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka layanan untuk menukar pecahan rupiah selama periode Ramadhan tahun ini. Ada 5.013 titik penukaran uang, disiapkan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka layanan untuk menukar pecahan rupiah selama periode Ramadhan tahun ini. Hal ini supaya saat Lebaran kelak masyarakat bisa berbagi uang baru kepada sanak keluarga. Lantas, di mana lokasi penukarannya?

Bank Indonesia telah menyiapkan beberapa titik lokasi melalui mobil kas perbankan. Mobil ini akan stand by di terminal, stasiun, termasuk pasar. Dengan begitu, diharapkan bisa dijangkau oleh masyarakat.

"Ada 5.013 titik penukaran uang . Terdiri dari 453 titik penukaran di wilayah Jabodetabek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim, Senin (11/4/2022).



Di terangkan Marlison, untuk wilayah Jabodebek tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

"Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank," urai dia.

Dalam program ini, Marlison bilang, penukaran uang per orang dibatasi maksimal Rp3,8 juta dengan masing-masing pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.



Untuk mempermudah penukaran di lokasi dan menghindari antrean panjang, masyarakat bisa memanfaatkan website PINTAR untuk memesan dan melihat lokasi yang dipilih. Nanti, saat datang, masyarakat cukup membawa bukti pemesanannya.

Dia juga menyampaikan bahwa tidak ada syarat khusus untuk melakukan penukaran uang. Sehingga siapapun bisa memanfaatkan kesempatan ini.

"KTP, surat vaksin, nggak perlu bawa. Jadi tidak ada persyaratan yang dilakukan untuk melakukan penukaran tersebut," terang Marlison.

Masyarakat sudah bisa melakukan penukaran uang ini pada hari ini hingga 29 April 2022 mendatang

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)