Ini 7 Tips Manajemen Keuangan Sederhana untuk Kehidupan Sejahtera

Kamis, 06 Juni 2019 - 10:03 WIB
Ini 7 Tips Manajemen Keuangan Sederhana untuk Kehidupan Sejahtera
Ini 7 Tips Manajemen Keuangan Sederhana untuk Kehidupan Sejahtera
A A A
JAKARTA - Tata kelola keuangan pribadi bukanlah sesuatu yang dipelajari di masa bangku sekolah, jadi Anda mungkin tidak mengerti tentang cara mengelola uang Anda ketika Anda berada di dunia nyata untuk pertama kalinya.

Untuk membantu Anda memulai, setidaknya tujuh aturan ini penting untuk dipahami jika Anda ingin menjalani kehidupan yang nyaman dan sejahtera.

1. Belajar Kontrol Diri
Jika Anda beruntung, orang tua Anda mengajarkan Anda keterampilan ini ketika Anda masih kecil. Jika tidak, ingatlah bahwa semakin cepat Anda mempelajari kemampuan menunda kepuasan, semakin cepat Anda akan merasa mudah mengatur keuangan Anda. Meskipun Anda dapat dengan mudah membeli suatu barang secara kredit pada saat Anda menginginkannya, lebih baik menunggu sampai Anda benar-benar menabung.

Jika Anda terbiasa melakukan semua pembelian dengan kartu kredit, terlepas dari apakah Anda dapat membayar tagihan pada akhir bulan, Anda mungkin masih membayar barang-barang tersebut dalam 10 tahun.

Jika Anda ingin menyimpan kartu kredit Anda untuk faktor kenyamanan atau hadiah yang mereka tawarkan, pastikan untuk selalu membayar saldo Anda secara penuh ketika tagihan tiba, dan jangan membawa lebih banyak kartu daripada yang dapat Anda pantau.

2. Kontrol Masa Depan Keuangan Anda Sendiri
Jika Anda tidak belajar mengelola uang Anda sendiri, maka orang lain akan menemukan cara (yang salah) untuk mengaturnya bagi Anda. Alih-alih mengandalkan saran orang lain, ambil alih dan baca beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi. Setelah Anda dipersenjatai dengan pengetahuan keuangan pribadi, jangan biarkan siapa pun membuat Anda lengah - apakah itu orang penting yang perlahan-lahan menyedot rekening bank Anda, atau teman-teman yang ingin Anda keluar dan menghamburkan banyak uang dengan mereka setiap akhir pekan. Memahami bagaimana uang bekerja adalah langkah pertama menuju membuat uang Anda bekerja untuk Anda.

3. Ketahui Kemana Uang Anda Pergi
Setelah membaca beberapa buku keuangan pribadi, Anda akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran Anda tidak melebihi penghasilan Anda.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat anggaran. Anda akan melihat bagaimana perubahan kecil yang dapat diatur dalam pengeluaran sehari-hari dapat memiliki dampak yang sama besar pada situasi keuangan Anda seperti halnya kenaikan gaji.

4. Persiapkan Dana Darurat
Tidak peduli berapa rendah gaji Anda kelihatannya, adalah bijaksana untuk menyisihkan berapapun uang untuk ditabung sebagai dana darurat setiap bulan.

Memiliki uang dalam tabungan yang dapat digunakan untuk keadaan darurat benar-benar dapat membuat Anda keluar dari masalah finansial dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Mulailah Menabung untuk Pensiun
Semakin cepat Anda mulai menabung, semakin cepat Anda dapat menyebut bekerja sebagai sebuah "opsi" daripada bekerja sebagai sebuah "keharusan."

Program pensiun yang disponsori perusahaan adalah pilihan yang sangat baik karena Anda secara otomatis akan menyisihkan sebagian penghasilan untuk keperluan ini.

6. Jaga Kesehatan Anda
Jika Anda tidak diasuransikan, jangan menunggu hari lain untuk mengajukan permohonan asuransi kesehatan. Anda dapat menghemat uang dengan mendapatkan penawaran dari penyedia asuransi yang berbeda untuk menemukan tarif terendah.

Di luar itu, ambil langkah-langkah harian mulai sekarang untuk menjaga diri Anda tetap sehat, seperti makan buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan, berolah raga, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Anda akan berterima kasih pada diri sendiri saat melihat tagihan medis yang jumlahnya bisa selangit.

7. Jaga Kekayaan Anda
Jika Anda ingin memastikan bahwa semua uang hasil jerih payah Anda tidak lenyap, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk melindunginya.

Jika perlu, temukan perencana keuangan untuk memberikan saran untuk melindungi dan mengembangkan uang Anda melalui rekening tabungan berbunga tinggi, uang dana pasar, saham, obligasi, dan reksa dana.

Yang perlu digarisbawahi, ingatlah bahwa Anda tidak perlu gelar tinggi atau latar belakang khusus untuk menjadi ahli dalam mengelola keuangan. Cukup disiplin menggunakan aturan-aturan keuangan sederhana ini, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih sejahtera.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8032 seconds (0.1#10.140)