Terintegrasi Bandara New Yogya, Terminal Bus Tipe A Giwangan Direvitalisasi

Senin, 17 Juni 2019 - 01:14 WIB
Terintegrasi Bandara New Yogya, Terminal Bus Tipe A Giwangan Direvitalisasi
Terintegrasi Bandara New Yogya, Terminal Bus Tipe A Giwangan Direvitalisasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan reformasi pelayanan angkutan umum masal dengan merevitalisasi Terminal Bus Tipe A yang ada di Indonesia, termasuk terminal Giwangan di Yogyakarta. Melalui upaya peningkatan pelayanan tersebut diharapkan pengguna kendaraan pribadi dapat beralih ke moda angkutan umum khususnya bus.

"Alhamdulillah mudik kemarin berlangsung baik, tetapi ada catatan bahwa angkutan masal nya belum maksimal, oleh karenanya kita berpikir bahwa angkutan masal ini menjadi suatu konsep yang menyeluruh baik di perkotaan maupun antar perkotaan. Yogya adalah satu kota tujuan wisata sehingga Terminal bus seperti di Giwangan ini harus di revitalisasi agar orang-orang yang selama ini tidak naik bus akan kembali naik bus," ujar Menhub di Terminal Giwangan, Minggu (16/6).

Terminal tipe A Giwangan nantinya juga akan mengakomodir angkutan untuk ke Bandara NYIA di Kulonprogo. "Kita membuat angkutan dari Kulonprogo ke Giwangan jadi ada bus khusus nanti kombinasi dengan angkutan kereta api. angkutan kereta apinya dari Kulonprogo ke Lempuyangan sedangkan busnya dari Kulonprogo-Giwangan," ucap Menhub.

Sebagai informasi Terminal Giwangan, Yogyakarta sendiri memiliki luas lanah 58.850 meter persegi. Dalam terminal tersebut ada sekitar 153 perusahaan dengan 200 trayek lintasan, jumlah kendaraan ada 2.586 dengan 61 trayek asal tujuan dan 1.235 kendaraan.

Jumlah penumpang di Terminal Giwangan, Yogyakarta pada masa angkutan lebaran 2019 sebanyak 452.330 dengan jumlah armada 37.631. Revitaliasi terminal ini diharapkan dapat menyelenggarakan terminal yang mampu berdiri sendiri dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5308 seconds (0.1#10.140)