Sri Mulyani Ingin Pembayaran Pajak Lebih Mudah dari Beli Pulsa

Senin, 17 Juni 2019 - 17:56 WIB
Sri Mulyani Ingin Pembayaran Pajak Lebih Mudah dari Beli Pulsa
Sri Mulyani Ingin Pembayaran Pajak Lebih Mudah dari Beli Pulsa
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menginginkan, sistem pembayaran pajak bisa lebih mudah dari pembelian pulsa. Hal itu diungkapkannya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI mengenai asumsi makro Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Diterangkan olehnya kemudahan pajak ini agar meningkatkan kepatuhan pajak di kalangan masyarakat. Lebih lanjut dirinya pun meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak untuk bisa mengembangkan sistem yang mudah dalam melakukan pembayaran pajak.

"Saya bilang sama Pak Robert (Direktur Jenderal Pajak) dan timnya. Saya ingin membayar pajak lebih mudah dari beli pulsa telepon, kalau beli pulsa dalam semenit kita bisa pakai mobile banking. Harusnya bayar pajak lebih mudah lagi," ujar Menkeu Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Sambung mantan Direktur Bank Dunia itu untuk sesuatu hal yang bukanlah kewajiban, seperti membeli pulsa, justru memiliki sistem yang sangat mudah seperti saat ini. Maka seharusnya terlebih lagi dalam hal bayar pajak yang merupakan kewajiban, diperlukan kemudahan sistem.

"Oleh karena itu kita perlu beri kemudahan. Makanya reformasi di bidang administrasi dan proses itu menjadi penting, bagaimana disederhanakan, proses untuk complience, pembayaran, dan lain-lain," ungkapnya.

Adapun saat ini Kemenkeu sudah melakukan reformasi perpajakan dengan menyediakan sistem pembayaran secara online melalui e-billing. Sedangkan untuk pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara online melalui e-filling.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5596 seconds (0.1#10.140)