Kementan Pacu Ekspor Produk Olahan

loading...
Manfaat singkong bagi kesehatan adalah mencegah anemia, melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung dan bahkan mencegah kanker.



Sementara umbi porang (Amorphophallus Muelleri Blume) banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang.

Beragam manfaat yang dimiliki singkong dan porang membuat kedua komoditas tersebut mampu merambah pasar internasional selain kelor dari Pasuruan dan Madura yang ditasbihkan sebagai tanaman dengan sejuta manfaat.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Musyaffak Fauzi menyampaikan dari data sistem otomasi perkarantinaan, IQFAST di wilayah kerjanya, data ekspor porang chips dua tahun terakhir mengalami peningkatan.

Tahun 2017 ada 4,3 ton ekspor porang chip senilai Rp61 miliar dan di tahun 2018 ada 5,5 ton senilai Rp77 miliar. Sementara pada semester pertama tahun 2019 sudah ekspor porang chips sudah mencapai 3,7 ton dengan nilai Rp51 miliar sudah melebihi nilai ekspor di semester pertama 2018 yang mencapai Rp40 miliar.

“Sertifikasi yang dilakukan setiap hari rata-rata mencapai 113 sertifikat dan semakin meningkat dengan dibukanya konter layanan khusus inline inspection di kantor utama Karantina Pertanian Surabaya selain di pelabuhan Tanjung Perak," tambah Musayaffak.

"Barantan sebagai salah satu instrumen perdagangan internasional bertugas untuk mengawal komoditas pertanian yang di ekspor. Ini merupakan salah satu langkah nyata untuk mewujudkan mimpi kita bersama menjadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia di tahun 2045," tandas Jamil.
(akn)
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top