BI Dukung Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Selasa, 30 Juli 2019 - 19:15 WIB
BI Dukung Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia
BI Dukung Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mendukung Indonesia menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah dunia.

Komitmen ini diwujudkan melalui peran BI dalam memperluas cakupan kegiatan Festival Ekonomi Syariah dan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) tahun 2019.

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) kembali dilaksanakan di tiga wilayah/regional, yakni FESyar Regional Sumatera, FESyar Kawasan Timur Indonesia, dan FESyar Regional Jawa yang sekaligus merupakan FESyar tingkat nasional.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya digelar di tingkat regional, kali ini juga digelar FESyar Nasional yang akan menghadirkan kegiatan shari’a fair berskala nasional dan memperkuat program pemberdayaan ekonomi pesantren tingkat nasional melalui sarasehan nasional ekonomi pesantren.

Seluruh rangkaian FESyar di tiga wilayah merupakan bentuk kegiatan menuju gelaran ISEF 2019 pada November 2019 di Jakarta. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ISEF tahun 2019 memiliki cakupan kegiatan berskala internasional.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, ISEF internasional mengintegrasikan seminar, forum, workshop, expo, dan business matching.

"ISEF internasional dapat memperkuat posisi Indonesia dalam global halal value chain yang diharapkan menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus sebagai center of production and trade yang efisien dan kredibel sesuai dengan perkembangan teknologi," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Onny menambahkan, rangkaian kegiatan tersebut juga dalam rangka mendorong keberadaan Indonesia sebagai center of excellence pengembangan ekonomi dan keuangan syariah global, meningkatkan kerjasama yang lebih luas dengan lembaga internasional, serta menjadikan Indonesia sebagai pusat halal value chain dunia melalui penguatan outlet pasar global untuk produk-produk halal dunia.

Penyelenggaraan FESyar dan ISEF menjadi salah satu implementasi pilar ketiga dari fokus strategi utama blueprint pengembangan ekonomi dan keuangan syariah BI yaitu Penguatan Riset, Asesmen, dan Edukasi.

Seluruh rangkaian FESyar dan ISEF akan dimulai dengan kegiatan FESyar Regional Sumatera yang akan digelar pada 2-4 Agustus 2019 di Palembang, Sumatera Selatan, dengan mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional”.

Rangkaian kegiatan FESyar terdiri dari Shari’a Fair dan Shari’a Forum yang turut menghadirkan tokoh-tokoh dan penggiat ekonomi syariah.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3897 seconds (0.1#10.140)