Bankir Sambut Baik Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI Baru

Rabu, 07 Agustus 2019 - 20:55 WIB
Bankir Sambut Baik Destry...
Bankir Sambut Baik Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI Baru
A A A
JAKARTA - Sejumlah pejabat perbankan menyambut baik dilantiknya Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI).

Direktur BTN Budi Satria menilai Destry punya pengalaman mumpuni lantaran sudah lama berkecimpung di bidang keuangan, perbankan, maupun sebagai pengamat ekonomi.

"Pandangannya sangat tajam. Bergabungnya beliau ke BI tentu akan semakin mempertajam kebijakan-kebijakan BI ke depan," kata Budi saat dihubungi, Rabu (7/8/2019).

Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja juga menyambut baik kehadiran Destry menduduki tahta sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

"BI sudah bagus menjaga tingkat suku bunga dan rupiah agar tetap stabil di tengah gonjang-ganjing dunia. Jadi, tinggal dipertahankan saja," kata Jahja.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, bergabungnya Destry di BI akan memberi warna karena wanita kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang di dunia perbankan yang cukup baik.

"Yang pasti diharapkan Bu Destry nantinya bisa pro pasar," ucapnya.

Sementara itu, ekonom BNI Ryan Kiryanto berharap bergabungnya Destry akan mampu memperkuat soliditas dan kinerja BI selaku bank sentral yang kredibel. Tujuan akhirnya adalah kemampuan BI dalam menopang ketahanan makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan nasional.

"Di sisi kebijakan moneter, BI diharapkan lebih responsif dan preemptive dalam menyikapi dinamika ekonomi domestik dan global melalui desain kebijakan moneter dan makroprudensial yang handal, tepat dan applied untuk menopang stabilitas ekonomi seraya mendukung momentum pertumbuhan," tuturnya.

Di sisi kebijakan sistem pembayaran, BI diharapkan mampu mengatur dan mensupervisi sistem pembayaran nasional baik oleh perbankan maupun non perbankan, terutama fintech.

"Ini dimaksudkan agar tata cara pembayaran di Indonesia makin mudah, makin murah, dan makin aman serta makin handal," ungkapnya.

Dengan latar belakang yang baik sebagai akademisi, ekonom, birokrat dan jejaring yang luas, Ryan meyakini sosok Destry akan mampu mengemban amanah baru di BI.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)