Tidak Semua Negara Punya Sistem Transportasi Selengkap Indonesia

Jum'at, 13 September 2019 - 13:11 WIB
Tidak Semua Negara Punya Sistem Transportasi Selengkap Indonesia
Tidak Semua Negara Punya Sistem Transportasi Selengkap Indonesia
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla berbangga karena Indonesia merupakan negara yang punya sistem transportasi paling lengkap. Sistem transportasi di Indonesia paling lengkap seperti negara maju lainnya karena mulai dari darat, laut, udara hingga kereta.

"Sistem transportasi kita paling lengkap, mulai dari darat, laut, udara dan kereta. Tidak semua negara punya seperti itu. Maka kita harus betul-betul menatanya dengan keahlian yang sangat baik agar berjalan baik," ujar JK dalam Indotrans Expo 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat (13/9/2019).

Sambung JK, pengelolaan transportasi yang baik merupakan cerminan wajah bangsa dan negara. Khususnya dalam mempersatukan bangsa yang mana Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan.

"Alat transportasi semua kita ada, mulai bus, mobil, kereta, pesawat, kapal, ferry, semua ada. Begitu besarnya peran transportasi dalam menyatukan bangsa. Dengan transportasi bisa mengubah image bangsa ini," ucapnya.

Dia mencontohkan antara Jawa dan Papua bisa dihubungkan hanya dengan menggunakan transportasi udara maupun laut. Sementara untuk menghubungkan daerah Jawa di bagian barat menuju timur, ada transportasi darat seperti bus ataupun kereta api.

"Negara kepulauan terpisah-pisah tapi dengan transportasi laut dan transportasi udara yang satukan kita. Tanpa itu kita terpisah-pisah. Dengan peran itu, kita perlu kelola dengan baik," pesannya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5537 seconds (0.1#10.140)