Investasi Fintech, Pegadaian Siap Suntikan Dana Rp500 Miliar

Selasa, 01 Oktober 2019 - 03:17 WIB
Investasi Fintech, Pegadaian Siap Suntikan Dana Rp500 Miliar
Investasi Fintech, Pegadaian Siap Suntikan Dana Rp500 Miliar
A A A
JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) berencana melakukan aksi korporasi dengan memberikan modal pada beberapa perusahaan teknologi finansial atau fintech. Pasalnya fintech di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Perusahaan pelat merah ini bakal mengucurkan suntikan dana hingga Rp500 miliar untuk investasi di fintech pada tahun ini.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menyatakan, pihaknya sudah membidik beberapa perusahaan fintech. Menurutnya, investasi bakal dilakukan pada fintech yang memang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Fintech tersebut juga harus memiliki fundamental yang kuat dari permodalan, sistem, hingga manajemen risiko. Di samping juga memiliki basis pelanggan yang tinggi. Kami sekarang sedang mengincar 3 sampai 5 fintech," ujar Kuswiyoto di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (30/9).

Dia mengatakan, fintech yang tengah dibidik bergerak pada sektor produkti maupun nonproduktif. Di antaranya ada fintech peer to peer lending atau pinjaman online, juga ada LinkAja, fintech besutan berbagai BUMN. Saat ini Pegadaian masih sebatas proses penjajakan untuk berinvestasi di fintech, lantaran ada berbagai aturan yang harus dipenuhi terutama dari OJK.

"Kami patuh pada aturan-aturan OJK yang mana fintech yang boleh dikerjasamakan, mana yang enggak. Kami sedang pilih-pilih, mudah-mudahan di kuartal IV (terealisasi). Kami tidak mau bekerja sama dengan fintech yang asal-asalan, jadi kami harus cari fintech yang setara dan bagus yang bisa kami berkolaborasi," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6754 seconds (0.1#10.140)