Kepercayaan Investor Bisa Tergerus Akibat Aksi Demo Ricuh

Senin, 30 September 2019 - 22:49 WIB
Kepercayaan Investor Bisa Tergerus Akibat Aksi Demo Ricuh
Kepercayaan Investor Bisa Tergerus Akibat Aksi Demo Ricuh
A A A
JAKARTA - Aksi demonstrasi yang masih terjadi hingga hari ini menurut Ekonom Indef Bhima Yudistira berpotensi menggerus kepercayaan investor untuk berinvestasi di Tanah Air. Pasalnya aksi demo tersebut berujung ricuh yang pada akhirnya mengganggu stabilitas keamanan dan mobilitas masyarakat.

"Ya pastinya eskalasi demo membuat kepercayaan investasi menurun. Instabilitas politik menjadi faktor paling penting pasca pilpres bagi investor," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Seperti diketahui pada hari terakhir masa kerja DPR periode 2014-2019, elemen mahasiswa, dan masyarakat kembali menggelar demonstrasi, Senin (30/9). Tak hanya mahasiswa, para pelajar juga ikut demonstrasi meski sebelumnya terdapat imbauan untuk tak terlibat demonstrasi.

Lebih lanjut, Bhima menilai posisi Jokowi saat ini menjadi dilematis karena menandatangani Perpu RUU KPK yang ketidakpastian hukum. Akibatnya terang dia, investor untuk sementara menjauh dari aset yang berisiko tinggi. "Di pasar modal misalnya dalam sebulan asing catatkan nett sells tembus Rp7.5 triliun," jelasnya.

Dia menambahkan, aksi yang menjurus pada blokade jalan juga berisiko menurunkan wisatawan asing."Di sektor pariwisata dan ritel pastinya terdampak. Wisman yang mau ke Indonesia jadi menunda rencananya," papar Bhima.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6896 seconds (0.1#10.140)