Cadev Tergerus, Ekonom Peringatkan Arus Modal Asing Terus Berkurang

Senin, 07 Oktober 2019 - 13:45 WIB
Cadev Tergerus, Ekonom Peringatkan Arus Modal Asing Terus Berkurang
Cadev Tergerus, Ekonom Peringatkan Arus Modal Asing Terus Berkurang
A A A
JAKARTA - Tergerusnya cadangan devisa (Cadev) pada bulan September 2019 menurut Ekonom Indef Bhima Yudisthira, perlu menjadi perhatian serius karena tekanan dari sisi arus modal Asing yang mulai berkurang. Seperti diketahui Cadev bulan September 2019 tercatat USD124,3 miliar atau lebih rendah dari posisi akhir Agustus 2019 yang mencapai USD126,4 miliar.

"Kondisi eksternal dan internal sama-sama berpengaruh. Ketidakpastian perang dagang, isu resesi dan instabilitas geopolitik di Hong Kong mempengaruhi kepercayaan investor portfolio untuk masuk ke negara berkembang," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (7/10/2019)

Sambung dia menambahkan, jika sebelumnya pemerintah mengandalkan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) untuk dorong masuknya devisa, kondisi sekarang makin menantang. "Apalagi pasca penurunan suku bunga dimana bunga obligasi juga terdampak turun," jelasnya

Sementara dari sisi domestik, kinerja neraca dagang belum menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan. Ekspor pastinya masih rendah, dipengaruhi masih belum pulihnya harga komoditas unggulan seperti karet, sawit dan batu bara.

Di sisi lain tekanan impor mungkin meningkat seiring harga minyak mentah dunia yang naik dan persiapan stok BBM jelang akhir tahun. Diprediksi cadev akan terus terkoreksi hingga akhir tahun dikisaran USD120 hingga USD123 miliar. "Tingkat cadev yang menurun mempengaruhi kesiapan BI untuk stabilkan kurs rupiah bila kondisi ekonomi global memburuk," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)