Menko Luhut Sebut LRT Jabodetabek Bakal Lebih Canggih dari MRT

Minggu, 13 Oktober 2019 - 16:27 WIB
Menko Luhut Sebut LRT Jabodetabek Bakal Lebih Canggih dari MRT
Menko Luhut Sebut LRT Jabodetabek Bakal Lebih Canggih dari MRT
A A A
JAKARTA - Menteri Koodinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) akan lebih canggih dibandingkan Mass Rapid Transit (MRT) yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia. Hal ini disampaikan saat mendampingi Menteri Perhubungan (Mehub) Budi Karya Sumadi saat pengangkatan gerbong pertama LRT.

"Ini bisa diharapkan lebih canggih dari MRT. Dari LRT Palembang. Saya pikir Indonesia bisa. Automation level 3. MRT padahal masih level 2," ujar Menko Luhut dalam sambutannya di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Lebih lanjut Ia menekankan, bahwa proyek LRT ini membuktikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tidak kalah dibandingkan negara lainnya yang membuat LRT. Seperti diketahui LRT Jabodebek ini dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA), ditambah serta LRT Jabodebek ini melibatkan sejumlah BUMN lain yakni PT ADHI Karya, PT LEN, dan PT KAI.

"Sekarang anak bangsa harus bangga. Kita tahu anak Indonesia hebat. Kita ini hebat. Terimakasih juga anak-anak muda. Presiden sampaikan salam kepada mereka yang mengerjakan ini. Saya juga melihat transportasi dengan teknologi tinggi, tapi yang terpenting buatan Indonesia," paparnya.

Sambung dia menerangkan, PT INKA dalam menyediakan prasarana cukup baik. Sebab kereta yang dibuat bisa beroperasi tanpa awak dan teknologinya lebih maju. Ia juga menyatakan kerja PT ADHI cukup baik karena mampu melakukan penghematan pada desain LRT yang dibuat.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3137 seconds (0.1#10.140)