Galang UKM, Bandara Sam Ratulangi Kembali Raih Penghargaan International

Rabu, 23 Oktober 2019 - 01:09 WIB
Galang UKM, Bandara Sam Ratulangi Kembali Raih Penghargaan International
Galang UKM, Bandara Sam Ratulangi Kembali Raih Penghargaan International
A A A
TOMOHON - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado kembali meraih penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Awards 2019 Kategori Business Practitioner. Hal ini disampaikan saat kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 edisi ke - 4 di Menara Alfa Omega Kota Tomohon Sulawesi Utara (Sulut).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputy Chairman Markplus, INC President, ICSB Indonesia Jacky Mussry kepada General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Minggus E.T. Gandeguai. Dalam sambutannya mewakili WalKkota Tomohon, Joyke Karouw MSi selaku Asisten I Bidang Perekonomian Pemkot Tomohon menyampaikan, bahwa dalam era modern seperti sekarang para pelaku UKM harus mulai berpikir untuk memasarkan produknya secara online.

"Saya berharap agar bapak/ibu semua mulai mencoba untuk menjual produknya secara online disamping pemasaran sistem tradisional sehingga dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas bahkan hingga keluar negeri," ujarnya.

Senada dengan Joyke, Kepala Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Jane Mendur menyampaikan melalui kegiatan Galang UKM ini diharapkan agar para pelaku UKM di Sulawesi Utara dapat semakin percaya diri dan mempunyai kemampuan lebih untuk bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain utamanya mampu memasarkan produk-produk khas Minahasa di dunia internasional.

Setelah menerima penghargaan, Minggus menyampaikan apresiasinya kepada ICSB yang selama ini selalu bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah guna memajukan UKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dengan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi Sulawesi Utara yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, saya yakin bahwa UKM di Sulawesi Utara ini mempunyai potensi besar untuk berkembang serta produk asli minahasa dapat semakin dikenal di mancanegara, tentunya untuk mencapai hal tersebut diperlukan dukungan dari semua pihak terkait guna memajukan UKM yang ada di Sulawesi Utara ini," ucap Minggus.

Sejak Tahun 1992, PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi telah memiliki mitra binaan sejumlah 840 UKM dari berbagai bidang usaha dan tersebar di berbagai daerah di Sulawesi Utara. "Kami selalu berkomitmen untuk memajukan UKM yang ada di Sulawesi Utara ini melalui bantuan tambahan modal usaha serta pemberian pelatihan bagi para pelaku UKM agar mereka mampu untuk bersaing di kancah nasional maupun internasional," pungkasnya.

Berkesempatan hadir pada acara tersebut para Kepala Dinas Koperasi dan UKM di Sulawesi Utara, Pemerintahan Kota Tomohon, Kepala Cabang BRI, serta semua instansi terkait. Selain pemberian penghargaan, acara Galang UKM ini dirangkai dengan kegiatan seminar, konsultasi dan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan sederhana, pengembangan pasar, quality control, hingga memfasilitasi pengenalan produk/jasa perbankan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5138 seconds (0.1#10.140)