BI Yakini Neraca Pembayaran Bakal Surplus di Kuartal III

Kamis, 24 Oktober 2019 - 21:30 WIB
BI Yakini Neraca Pembayaran Bakal Surplus di Kuartal III
BI Yakini Neraca Pembayaran Bakal Surplus di Kuartal III
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca pembayaran Indonesia akan surplus pada kuartal III/2019. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, prediksi tersebut didukung oleh surplus transaksi modal dan finansial.

"Dari sisi keseluruhan, kami meyakini neraca pembayaran akan mengalami surplus karena surplus neraca finansial dan modal bisa mencukupi defisit transaksi berjalan," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Arus masuk investasi portofolio pada kuartal III/2019 tercatat USD4,8 miliar. Dia melanjutkan, faktor pendorong lainnya adalah defisit transaksi berjalan yang juga diperkirakan tetap terkendali. Hal itu dipengaruhi oleh impor yang menurun sejalan dengan kebutuhan domestik dan sebagai dampak positif kebijakan pengendalian impor.

Perry mengatakan, pertumbuhan ekspor pun sudah mulai membaik meskipun masih mengalami kontraksi di tengah permintaan dan harga komoditas global yang anjlok. Perry mengatakan ada dua sektor yang mendorong perbaikan ekspor Indonesia, yaitu ekspor emas dan ekspor kendaraan bermotor.

"Perbaikan ekspor antara lain dipengaruhi beberapa produk manufaktur seperti ekspor kendaraan bermotor ke negara ASEAN dan ekspor emas yang tumbuh positif," ujarnya.

Ke depan, lanjut dia, BI akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk meningkatkan ketahanan eksternal, termasuk berupaya mendorong peningkatan penanaman modal asing. Dia menambahkan, bauran kebijakan yang ditempuh BI dan pemerintah juga diharapkan dapat mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4% pada 2019 dan meningkat menuju titik tengah kisaran 5,1-5,5% pada tahun 2020," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8565 seconds (0.1#10.140)