Balitbanghub Deklarasi Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional

Jum'at, 15 November 2019 - 15:36 WIB
Balitbanghub Deklarasi Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional
Balitbanghub Deklarasi Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional
A A A
JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menggelar International Conference of Transportation Research and Innovation (IC-TRI) dengan tema "Menuju Transportasi yang Terintegerasi, Cerdas dan Berkelanjutan" yang diadakan pada tanggal 13-14 November 2019, di Jakarta.

Balitbanghub berinisiatif membentuk Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional untuk menjadi media komunikasi antarpemangku kepentingan terkait riset transportasi. Hal itu dilakukan untuk mendukung penelitian pengembangan transportasi di Indonesia.

"Kementerian Perhubungan selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik melalui strategi-strategi akselerasi pengembangan transportasi. Pekerjaan besar tersebut perlu dukungan penelitian di bidang transportasi baik dalam melakukan riset maupun inovasi sebagai dasar rekomendasi dalam pembuatan regulasi atau kebijakan," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya.

Untuk diketahui, acara ini memiliki beberapa program di antaranya, Plenary session yang berlangsung pada hari pertama IC-TRI. Program ini untuk memberikan gambaran makro tentang penelitian transportasi di Indonesia saat ini. Kemudian seminar yang akan diisi oleh peserta Call for paper yang telah diumumkan pada tanggal 6 November 2019 lalu.

Kegiatan Call for paper telah dibuka pada tanggal 15 Juli 2019 lalu, dan ditutup pada tanggal 20 Oktober 2019. Badan Litbang Perhubungan telah menjaring 40 peserta dengan paper terbaik dari 146 peserta seluruh Indonesia. Selain mengumumkan paper terbaik, Badan Litbang Perhubungan juga mengumumkan 20 peserta yang diundang untuk mempresentasikan papernya serta 20 peserta lagi diundang sebagai partisipan.

Dari 40 peserta terbaik telah terjaring dan akan disaring kembali hingga diperoleh tiga peserta terbaik dan seorang juara harapan.

Adapun terbaik pertama Jabodebek Light Rail Transit: A Catalyst for Transport Integration Facilities of Interchange Zone in Cawang Cikoko oleh Danang Desfri Abdillah and Saskia Nadilla. Terbaik kedua Android-Based Application of Dispensation Licensing System for Urban Freight Transport ini The Surakarta City oleh Budi Yulianto, Setiono dan Bambang Budhi Santosa.
Kolaborasi riset di Indonesia ditegaskan masih sangat diperlukan untuk mencapai tujuan bersama dan menyusun agenda riset nasional. "Setelah mendengarkan presentasi dari pakar dan seminar Call of paper, kami semakin menyadari perlunya pembentukan Forum Penelitian dan Inovasi Transportasi Nasional di bidang transportasi," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Sugihardjo.
Forum itu diharapkan menjadi forum bersama untuk kolaborasi dan koordinasi antara lembaga penelitian untuk mencapai tujuan bersama dan menyusun agenda penelitian sebagai pedoman untuk melakukan penelitian kolaboratif di bidang transportasi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

"Balitbang bersama dengan Dewan Riset Nasional/Badan Riset dan Inovasi Nasional ingin mengimplementasikan mandat yang dihasilkan dari konferensi ini melalui deklarasi. Sebagai pendiri, kami akan membantu forum ini dengan mengatur konferensi dan pertemuan lanjutan," pungkas Sugihardjo.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8379 seconds (0.1#10.140)