Gubernur BI Beberkan Penyebab Pertumbuhan Kredit Bank Melambat

Jum'at, 22 November 2019 - 00:50 WIB
Gubernur BI Beberkan Penyebab Pertumbuhan Kredit Bank Melambat
Gubernur BI Beberkan Penyebab Pertumbuhan Kredit Bank Melambat
A A A
JAKARTA - Penyaluran kredit perbankan hingga September 2019 tercatat masih mengalami perlambatan. Bank Indonesia mencatat pada Agustus penyaluran kredit tercatat 8,59% namun pada September 2019 kredit melambat jadi 7,89%.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkapkan penyaluran yang lambat ini terjadi karena permintaan dari korporasi yang belum terlalu kuat.

Dia mengungkapkan dari sisi penawaran ada tiga faktor yang mempengaruhi, pertama adalah prospek ekonomi Indonesia ke ke depan. Selanjutnya terkait suku bunga.

Jika suku bunga lebih rendah maka bank punya kesempatan untuk menambah supply. Faktor lainnya adalah masalah regulasi dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan serta kebijakan makroprudensial.

"Semua faktor sisi penawaran kondusif, likuiditas cukup, suku bunga turun, aturan direlaksasi, semua faktor dari sisi penawaran perbankan itu positif. Yang belum itu adalah dari sisi permintaan tadi," ujar Perry, Kamis (21/11/2019).

Perry menambahkan, pelemahan dari sisi permintaan korporasi ini terlihat dari hasil survei BI yang mengindikasikan pada 2020 belum seluruh korporasi merencanakan investasi.

Bank Indonesia melihat, hanya sekitar 47% korporasi yang merencanakan investasi, sedangkan sisanya masih fokus pada konsolidasi keuangannya masing-masing.

"Sisa 53% belum rencanakan investasi dan fokus bagaimana konsolidasi keuangan sehingga ini jadi salah satu indikator kenapa permintaan kredit masih belum kuatndari sisi korporasi," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5965 seconds (0.1#10.140)