Daya Saing Modal Pembangunan Industri Menuju Indonesia Maju

Rabu, 27 November 2019 - 15:43 WIB
Daya Saing Modal Pembangunan Industri Menuju Indonesia Maju
Daya Saing Modal Pembangunan Industri Menuju Indonesia Maju
A A A
JAKARTA - Era Industri 4.0 memberikan tantangan tersendiri bagi industri di Indonesia. Dalam menghadapinya, dibutuhkan penguatan industri nasional dengan memperkokoh budaya kerja, budaya inovasi dan budaya mutu dalam rangka membangun industri mandiri dan sejahtera.

"Selain itu dalam membangun budaya inovasi serta membangun budaya kualitas di perusahaan, yang dibangun bukan hanya bottom up atau bawah saja, tetapi top down juga. Jadi semua yang ada di perusahaan harus inovatif, semua harus berputar," ungkap CEO IBIMA (Industry & Business Institute of Management) I Made Dana Tangkas, pada seminar "Membangun Budaya Mutu", di Grand Sahid, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Lanjut Made, melalui budaya kualitas dan budaya mutu akhirnya dapat terbangun industri Indonesia yang berdikari dan sejahtera melalui peningkatan produktivitas dan daya saing.

Dalam era digital ini, lanjut Made, industri manufaktur Indonesia harus membangun sistem pusat informasi dan basis data (database). Dengan begitu, tegas dia, industri dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. "Dari sinilah, akan tercipta budaya mutu yang kokoh, produktif, kualitas, dan profitabilitas. Dan tentu saja ketahanan usaha bisa diwujudkan di era digital dan serba cepat ini," imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Founder ESQ Ari Ginanjar menyampaikan bahwa untuk membangun sebuah budaya, yang harus dimiliki adalah visi yang jelas. Impian untuk Indonesia adalah Indonesia mandiri dan sejahtera. Dimana misi tersebut yang membangun sebuah lembaga atau organisasi yang memiliki kesadaran akan dua hal yaitu budaya dan mutu.

"Ada tiga strategi yg harus dibangun untuk mewujudkannya. Pertama leadership, kedua adalah siatem dan ketiga adalah nilai," tutur Ari.

Apalagi, sambungnya, dalam mewujudkan Indonesia, para pelaku industri harus memiliki dan menjaga nilai-nilai dalam berkarya. "Seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Apabila tiga hal tersebut bisa kita satukan maka kita akan berhasil membangun sebuah budaya kualitas dengan daya saing tinggi menuju Indonesia Maju," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)