Digitalisasi Pasar, Bank bjb Uji Coba QRIS di Pasar Baru Bandung

Selasa, 17 Desember 2019 - 04:26 WIB
Digitalisasi Pasar, Bank bjb Uji Coba QRIS di Pasar Baru Bandung
Digitalisasi Pasar, Bank bjb Uji Coba QRIS di Pasar Baru Bandung
A A A
BANDUNG - Bank bjb melakukan uji coba penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Pasar Baru Bandung, Senin (16/12/2019). Uji coba ini sebagai bagian dari digitalisasi yang dilakukan Bank bjb jelang penggunaan QRIS secara penuh per 1 Januari 2020.

QRIS merupakan fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan hanya dengan mengunduh melalui aplikasi yang sudah terstandarisasi. QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh Bank Indonesia serta ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).

Direktur Utama Bank bjb, Yuddy Renaldi mengatakan, program ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari implementasi bjb Digital Payment di tahun 2019. Bank bjb menyosialisasikan dan menerapkan platform digital payment system terbaru bersama dengan produk lainnya yaitu bjb EDC berbasis Android dan transaksi keuangan menggunakan bjb Digi (mobile banking).

Menurut dia, Pasar Baru Bandung dipilih sebagai Piloting QRIS dan implementasi bjb Digital Payment sejalan dengan upaya digitalisasi bagi pedagang kecil dan masyarakat Jawa Barat. Sehingga mereka menikmati kecepatan dan kemudahan dalam pembayaran.

"Dengan adanya kemudahan lewat bjb Digital Payment, perdagangan retail dan usaha kecil menengah akan meningkat. Ini sesuai dengan visi misi kami, selalu mendukung inklusi keuangan, menciptakan ekosistem digital, mengimplementasikan elektronifikasi secara global dan memberikan kemudahan bagi masyarakat," beber dia.

Pasar Baru adalah tempat wisata belanja terbesar yang ada di Jawa Barat, dengan lebih dari 4.000 tenant. Mereka menghadirkan keragaman wisata belanja mulai dari fashion sampai dengan makanan. Pasar Baru telah menjadi salah satu destinasi wisata belanja bagi turis domestik maupun mancanegara.

Dengan adanya teknologi ini, kata dia. para pembeli dan pedagang bisa dengan mudah berinteraksi dalam melakukan transaksi keuangan dan jual beli. "QRIS ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara luas oleh para pedagang yang berambisi untuk mengakselerasi usaha mereka dengan menjadi merchant mitra bank bjb," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3752 seconds (0.1#10.140)