ROI Harbolnas Didapatkan dalam Waktu yang Agak Panjang

Selasa, 17 Desember 2019 - 07:25 WIB
ROI Harbolnas Didapatkan dalam Waktu yang Agak Panjang
ROI Harbolnas Didapatkan dalam Waktu yang Agak Panjang
A A A
Diskon alias potongan harga menjadi salah satu cara menarik minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Tidak heran gerai apapun yang menawarkan potongan harga selalu diserbu pembeli.

Nah untuk mewadahi pesta besar diskon itu, digelarlah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 yang diikuti oleh lebih kurang 300 start up yang tergabung dalam Idea. Jumlah peserta jelas meningkat dibanding Harbolnas tahun lalu yang berjumlah 204 peserta.

Nilai transaksi yang ditargetkan pada pesta diskon yang digelar 12-12 itu mencapai Rp8 triliun. Nilai itu jelas meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat, pada 2017 nilai transaksi mencapai Rp4,8 triliun. Kemudian pada 2018 naik menjadi Rp6,8 triliun.

Tahun lalu, Harbolnas 12.12 mendorong peningkatan penjualan ritel online mencapai 389% dan peningkatan jumlah pengunjung online sebanyak 148%. Sementara, penjualan dan kunjungan ritel online di momentum 10.10 hanya meningkat sebesar 106% dan 30%.

Sedangkan, momentum 11.11 mengalami peningkatan penjualan dan kunjungan ritel online sebesar 174% dan 37%. Naiknya nilai transaksi penjualan dan jumlah kunjungan pembeli online dari tahun ke tahun membuktikan masyarakat menyukai diskon apapun bentuknya.

Jadi tidak perlu edukasi khusus kepada masyarakat agar berbelanja dan memanfaatkan pesta besar diskon di acara Harbolnas 2019 seperti yang diungkapkan Ignatius Untung Ketua Umum Asosiasi E-commerse Indonesia (Idea) saat diwawancarai Wartawan SINDO Weekly B.Lilia Nova Senin (9/12) pekan kemarin. Berikut petikan wawancaranya.

Apa sebenarnya Harbolnas tersebut? Masih banyak masyarakat kita yang belum tahu apa itu Harbolnas?


Harbolnas adalah inisiatif promo bersama dalam dua hari yang dilakukan bersamaan oleh ratusan brand e-commerce.

Ada yang mengatakan Harbolnas adalah ajang Start up bakar duit buat promosi? Benarkah begitu?

Tergantung cara memandangnya. Benar faktanya ada biaya yang dikeluarkan untuk promo, tapi benefit yang didapatkan platform pun tidaklah kecil. Terbukti dari jumlah peserta Harbolnas yang terus bertambah setiap tahunnya.

Bagaimana menghitung kapan balik modalnya?


Investasi Harbolnas layaknya investasi di promo-promo lain tidak bisa dihitung hanya pada Harbolnas saja karena impact-nya jauh lebih besar dan lebih panjang dari itu. Salah satu metode untuk menghitung ROI (return on investment) nya adalah dengan menghitung customer lifetime value. Dan ini baru bisa didapatkan dalam waktu yang agak panjang bergantung pada berapa lama si consumer yang diakuisisi di momen ini bertahan menggunakan platform tersebut.

Apa target Harbolnas untuk para start up yang ikut acara Harbolnas 2019?


Dari kami tidak ada target spesifik sih karena bentuk dan besaran promonya mereka yang putuskan sendiri. Jadi mereka yang harusnya menetapkan targetnya masing-masing.

Bagaimana mengedukasi masyarakat soal belanja online dari kaca mata Anda?


Seperti promo pada umumnya, saya tidak melihat dibutuhkan edukasi khusus karena pada dasarnya konsumen memang selalu tertarik terhadap diskon. Dan semua effort komunikasi dari peserta secara otomatis akan mendorong upaya tersebut.

Sejauh ini apakah ada kendala yang dihadapi atau terkait regulasi dari pemerintah?

Dalam hubungannya dengan Harbolnas tidak ada kendala apapun termasuk juga seputaran regulasi pemerintah. Tidak ada kendala sama sekali.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6508 seconds (0.1#10.140)