Transaksi Harbolnas 2019 Naik, IdEA: Belanja Online Makin Dipercaya

Kamis, 19 Desember 2019 - 13:27 WIB
Transaksi Harbolnas 2019 Naik, IdEA: Belanja Online Makin Dipercaya
Transaksi Harbolnas 2019 Naik, IdEA: Belanja Online Makin Dipercaya
A A A
JAKARTA - Penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 berhasil mencatatkan nilai transaksi di atas Rp9 triliun. Angka ini melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp8 triliun.

Nilai transaksi tersebut tercatat dalam hasil survei yang dilakukan perusahaan riset ternama di Indonesia, Nielsen Indonesia. Survei digelar sepanjang penyelenggaraan pesta diskon tahun 12.12 ini pada 11 dan 12 Desember 2019. Nielsen melakukan pemantauan penuh selama dua hari tersebut.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Ignatius Untung mengatakan, pencapaian ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat pada belanja online. "Melihat hasil survei, saya juga cukup kagum dengan penyebaran konsumen Harbolnas dengan penyebaran konsumen Harbolnas kali ini yang mengalami kenaikan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/12/2019).

Menurut dia, besarnya nilai transaksi selama Harbolnas 2019 juga menumbuhkan optimisme bahwa ekonomi digital bisa memberi sumbangsih besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Director of Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan, ada peningkatan dari banyak aspek dibanding penyelenggaraan Harbolnas 2018. "Nilai transaksi naik signifikan, yakni mencapai Rp2,3 triliun dibanding tahun lalu. Tepatnya mencapai Rp9,1 triliun dari sebelumnya Rp6,8 triliun," tuturnya.

Angka tersebut berasal dari adanya peningkatan penjualan produk lokal, yaitu sebesar Rp4,6 triliun. "Naik sebesar Rp1,5 triliun dibanding tahun lalu," ungkapnya.

Rusdy melanjutkan, Harbolnas 2019 juga bukan semata untuk pembelian produk. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pemanfaatan diskon pada pembayaran tagihan atau top up melalui e-commerce. "Hasil survei Nielsen Indonesia menunjukkan adanya peningkatan di bagian bill payment atau top up sebesar 7%," jelasnya.

Sementara yang merajai penjualan selama Harbolnas 2019 masih produk-produk fashion, pakaian olah raga, dan kosmetik. Produk-produk ini mengalami kenaikan rata-rata 6% dibandingkan tahun lalu.

"Harbolnas ternyata juga menginspirasi masyarakat untuk berjualan online. Ada pertumbuhan online seller sebanyak 8% yang muncul lantaran terinspirasi Harbolnas," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5521 seconds (0.1#10.140)