Pemda dan Masyarakat NTT Puji Program Mudik Gratis Nataru Pelindo III

Selasa, 24 Desember 2019 - 18:15 WIB
Pemda dan Masyarakat NTT  Puji Program Mudik Gratis Nataru Pelindo III
Pemda dan Masyarakat NTT Puji Program Mudik Gratis Nataru Pelindo III
A A A
JAKARTA - Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengapresiasi program bus gratis untuk para penumpang kapal laut menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru yang diselenggarakan oleh Pelindo III. Menurut dia, hal tersebut memang sangat dibutuhkan oleh para penumpang kapal di NTT.

"Program tersebut akan memudahkan warga Kupang untuk menemui keluarga dan sanak saudara, dan ini merupakan program yang luar biasa sangat saya apresiasi, menunjukkan bahwa Pelindo III telah peduli ke masyarakat NTT, semoga dimanfaatkan oleh semua masyarakat khususnya penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Tenau Kupang," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (24/12/2019).

Sementara, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, pemberian layanan mudik gratis Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini merupakan terobosan baru dan program pertama yang diadakan oleh Pelindo III karena melihat antusiasme warga dan pemerintah daerah yang mendukung program mudik gratis yang diadakan sebelum-sebelumnya.

"Ini adalah terobosan dan inovasi baru kami sebagai wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam berbagi kebahagiaan bersama serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang kapal yang sandar di pelabuhan Pelindo III. Selain itu hal ini juga untuk lebih mendekatkan Pelindo III kepada masyarakat, sesuai dengan pesan menteri BUMN bahwa BUMN harus bisa melayani dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelas Doso.

Dalam hal ini, kata dia, Pelindo III ingin memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan layanan angkutan mudik berupa bis gratis ke sejumlah kota mengingat cukup tingginya jumlah pemudik Natal dan Tahun Baru yang singgah di pelabuhan Pelindo. "Kami harapkan mereka mendapatkan kenyamanan dalam program ini," tambahnya.

Pelindo III dalam rangka menyambut mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini memberikan pelayanan berupa angkutan mudik bus gratis ke sejumlah kota tujuan di bawah regional lingkup kerja Pelindo III. Layanan angkutan mudik gratis ini merupakan layanan Nataru pertama yang disediakan oleh Pelindo III.

Rencananya, sebanyak 20.000 pemudik pada momen Natal dan Tahun Baru akan menikmati fasilitas mudik gratis dari Pelindo III ini. Tak hanya itu, selama perjalanan pun Pelindo III menyediakan makan dan minum serta perlindungan asuransi.

Fasilitas angkutan bis mudik gratis ini akan diselenggarakan di tiga pelabuhan di bawah naungan Pelindo III, yakni Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya dan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur. Dari tiga pelabuhan tersebut para pemudik akan langsung diantar sampai ke sejumlah kota tujuan menggunakan bus diantaranya menuju Soe dan Kefa untuk wilayah Pelabuhan Tenau Kupang, Solo dan Jogja untuk wilayah pelabuhan Tanjung Mas serta Bojonegoro, Kediri, Ngawi dan Madiun untuk penumpang dari wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

Seremonial pemberangkatan angkutan bus gratis natal dan tahun baru ini sendiri dilakukan di Pelabuhan Tenau Kupang, Jumat (20/12) lalu dipimpin langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto. Ratusan pemudik laut yang sandar di pelabuhan Tenau Kupang langsung mendapatkan fasilitas bus gratis yang sudah tersedia di area pelabuhan dan akan mengantar mereka Soe dan Kefa.

"Harapannya semoga seluruh pemudik khususnya yang tiba di Pelabuhan Tenau Kupang ini bisa memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas ini," ungkap Toto.

Sember, salah satu penumpang yang ikut dalam program bus gratis, mengungkapkan bahwa saat ia turun dari kapal dan tahu ada bus gratis ia dan keluarganya bergegas naik. "Ternyata memang betul-betul gratis, dapat snack dan infonya juga selama perjalanan akan dilindungi oleh asuransi yang semuanya ditanggung oleh Pelindo III," ungkapnya gembira.

Fasilitas angkutan mudik gratis ini telah dapat dinikmati para penumpang di tiga pelabuhan tersebut sejak 18 Desember hingga 25 Desember 2019. Rencananya kegiatan ini akan menjadi pelayanan rutin Pelindo III kepada masyarakat setiap tahun.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8277 seconds (0.1#10.140)