Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Meningkat 5% Selama Natal dan Tahun Baru

Selasa, 07 Januari 2020 - 00:37 WIB
Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Meningkat 5% Selama Natal dan Tahun Baru
Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Meningkat 5% Selama Natal dan Tahun Baru
A A A
MANADO - Antusiasme masyarakat untuk berpergian menggunakan transportasi udara di musim mudik Natal dan Tahun Baru 2020 mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat pergerakan penumpang mulai tanggal 19 Desember 2019 hingga penerbangan terakhir pada 6 Januari 2020 atau selama 18 hari, meningkat 5% dengan total sekitar 134.000 penumpang.

"Untuk pergerakan pesawat naik 0,5% dengan total 1.241 dan kenaikan jumlah pergerakan juga terjadi pada kargo yakni naik 4% atau setara 773 ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun rata-rata per hari pergerakan penumpang sejumlah 7.095 pax, pergerakan pesawat sejumlah 65, dan kargo sejumlah 41 ton," terang General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai saat apel penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di area lobi Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Senin (6/1/2020).

Dia menjelaskan terdapat 95 personel gabungan PT Angkasa Pura I (Persero), Dinas Perhubungan Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, AirNav Indonesia, TNI AU Manado, TNI AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, Basarnas, BMKG dan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang setiap harinya secara bergantian terbagi dalam shift terlibat dalam kegiatan Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru kali ini.

Posko Terpadu ini diselenggarakan sebagai pusat informasi terpadu, layanan kesehatan dan penunjang fasilitas lainnya bagi calon penumpang Bandara Sam Ratulangi Manado, adapun selama 19 hari pelaksaaan Posko telah berlangsung aman, lancar dan kondusif.

"Pemantauan, pengendalian dan evaluasi telah dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang tidak lepas dari Standard Operasional Prosedur masing-masing stakeholder. Tentunya apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak terkait yang sudah memberikan waktu dan tenaga mereka demi menunjang pelayanan udara yang prima dalam periode Posko Nataru kali ini, terlebih untuk kerja sama dan sinergi yang sudah terjalin sangat baik," ungkap Minggus.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5561 seconds (0.1#10.140)