PUPR Prioritaskan Air Bersih dan Sanitasi untuk Korban Banjir Lebak Banten

Kamis, 09 Januari 2020 - 02:40 WIB
PUPR Prioritaskan Air Bersih dan Sanitasi untuk Korban Banjir Lebak Banten
PUPR Prioritaskan Air Bersih dan Sanitasi untuk Korban Banjir Lebak Banten
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau penanganan warga yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten. Dalam masa tanggap darurat ini, PUPR memfokuskan pada ketersediaan prasarana, sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

"Kami sangat concern dengan air bersih terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk mensuplai air bersih, khususnya ke posko pengungsian," kata Basuki dalam keterangan resmi, Rabu (8/1/2020).

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten Direktorat Jenderal Cipta Karya telah mengirimkan prasarana dan sarana yang telah tersebar di beberapa titik posko pengungsi di Kabupaten Lebak, seperti di Kecamatan Sajira dan Lebak Gedong yang meliputi 4 unit mobil tangki air berkapasitas 4.000 liter per detik, 12 unit hidran umum berkapasitas 2.000 liter per detik, 3 unit tenda pleton pengungsi, toilet mobil sebanyak 3 unit, 1 unit dump truck, serta 15 personil.

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak telah mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur, yakni 22 jembatan gantung non permanen, 3 jembatan gantung non permanen, 3 jembatan komposit, 1 jembatan rangka, serta 2 jalan kabupaten.

"Dalam dua minggu ini jembatan yang rusak akan kita mulai kerjakan, agar konektivitas antar desa dapat kembali normal," terang Basuki.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8340 seconds (0.1#10.140)