alexametrics

WHO Tetapkan Status Darurat Virus Corona Wuhan, Bandara Soetta Siaga

loading...
WHO Tetapkan Status Darurat Virus Corona Wuhan, Bandara Soetta Siaga
WHO Tetapkan Status Darurat Virus Corona Wuhan, Bandara Soetta Siaga
A+ A-
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengaktifkan Posko Siaga Monitoring Waspada Wabah Coronavirus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Posko yang terletak di kawasan Terminal 1 ini merupakan pusat komando dan koordinasi terkait pencegahan penyebaran virus Corona asal Wuhan, China di Pintu Utama Indonesia yakni Soekarno-Hatta.

Hal ini setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengumumkan darurat global untuk virus Corona Wuhan yang telah menewaskan 171 orang di Cina pada Kamis dan menyebar di 18 negara. Ada 7.800 kasus lebih yang terdeteksi di seluruh dunia, menurut data WHO terbaru pada Kamis, dan mayoritas telah terjadi di Cina daratan, tempat virus tersebut berasal dari pasar satwa liar ilegal di Kota Wuhan.

Sementara itu upaya pencegahan utama tetap dilakukan AP II di terminal penumpang pesawat melalui pemantauan dengan thermal scanner dan surveillance syndrome. Adapun personil yang bertugas di posko adalah unsur dari Komite Nasional Fasilitasi (FAL) yang terdiri dari stakeholder di Soekarno-Hatta (Soetta) antara lain PT Angkasa Pura II selaku operator bandara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Karantina Hewan dan Tumbuhan Bandara, Karantina Ikan, Imigrasi, Bea dan Cukai, dan sebagainya.



Posko dilengkapi dengan berbagai peralatan medis, monitor CCTV yang memantau seluruh terminal penumpang, serta sistem teknologi terkini guna mempercepat respons dalam menanggulangi atau mencegah penyebaran virus Corona. President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menerangkan, berbagai upaya akan dilakukan untuk meminimalisir potensi penyebaran virus Corona ke Indonesia.

“Upaya pencegahan di terminal penumpang melalui thermal scanner dan surveillance syndrome ditambah dengan diaktifkannya Posko Siaga ini, maka kami berharap potensi penyebaran virus Corona di Indonesia semakin kecil. Berbagai upaya akan dilakukan PT Angkasa Pura II untuk melakukan pencegahan di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Awalludin di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Dia melanjutkan, diaktifkannya Posko Siaga ini juga melihat perkembangan terkini di mana WHO sudah menyatakan bahwa kasus Corona ini sebagai International Public Health Emergency. "Kami menyiapkan Soekarno-Hatta sebaik-baiknya untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus ini,” paparnya.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top