Gali Potensi SDM, Pelindo III Gelar Ajang Kreativitas Antar Karyawan

Senin, 03 Februari 2020 - 20:40 WIB
Gali Potensi SDM, Pelindo III Gelar Ajang Kreativitas Antar Karyawan
Gali Potensi SDM, Pelindo III Gelar Ajang Kreativitas Antar Karyawan
A A A
JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan produktivitas sumber daya manusia (SDM), PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggelar ajang adu kreativitas dan inovasi dengan nama Inno Reactivation. Kegiatan yang diselenggarakan di Graha Barunawati selama dua hari 30-31 Januari ini menampilkan berbagai inovasi menarik dan inovatif karya pegawai Pelindo III.

Berbagai inovasi tersebut dirancang untuk keperluan internal hingga eksternal Pelindo III, di antaranya layanan digitalisasi proses meeting, perencanaan tambat dan bongkar muat secara online (Meeting Online), layanan informasi ketersediaan tambatan kapal di terminal Pelindo III (Magic Berthing).

Selain itu aplikasi pendaftaran online dan informasi waktu tunggu pelayanan dokter, farmasi dan estimasi biaya di PHC (Track & Flow PHC), hingga aplikasi mobile terminal yang membantu pengguna jasa untuk mendapatkan informasi dan bertransaksi secara online (Libas).

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan setiap kegiatan usaha memerlukan proses inovasi yang tidak pernah berhenti. Revolusi Industri 4.0 juga menuntut adanya upaya terobosan, termasuk di dalam industri kepelabuhanan.

Dia menjelaskan, semua inovasi dalam bidang teknologi dan informasi yang dirancang dan dihadirkan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal Pelindo III tapi agar bisa dirasakan langsung untuk eksternal perusahaan, terutama para pengguna jasa.

"Saya harapkan semua produk inovasi ini nantinya bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja Pelindo III serta dapat meningkatkan kepuasan para pengguna jasa," ungkap Doso di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Menurutnya, pihaknya terus berupaya mengikuti perkembangan zaman menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi dan informasi, sehingga para pengguna jasa bisa merasakan langsung kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien sehingga produksi mereka juga bisa meningkat. Hal ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia.

Ketua ALFI Jawa Timur Hengky Pratoko yang juga hadir dalam acara Inno Reactivation tersebut mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasanya untuk membuat proses kegiatan kepelabuhanan lebih efisien, cepat, dan mudah.

Dia mengharapkan acara seperti ini terus digelar setiap tahunnya dan menggandeng perwakilan pengguna jasa sehingga bisa saling memberikan masukan dan ide bagi kemajuan pelabuhan di Indonesia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7971 seconds (0.1#10.140)