Upaya Mencetak 17.358 Tenaga Kerja Lokal Terampil

Senin, 03 Oktober 2022 - 21:10 WIB
loading...
Upaya Mencetak 17.358 Tenaga Kerja Lokal Terampil
PT Iwip memberikan pelatihan kepada tenaga kerja di sekitar lokasi perusahaan. Foto/Iwip
A A A
JAKARTA - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) tengah membidik pengembangan sumber daya manusia ( SDM ) karyawannya. Upaya tersebut dilakukan melalui pelatihan keahlian.



Humas PT IWIP Bilal Sau mengatakan, program pelatihan bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang siap di dunia industri. Targetnya, angkatan kerja di Maluku Utara bisa terserap secara optimal hingga angka pengangguran juga bisa diminimalisasi.

“Untuk pelatihan ini, kami memprioritaskan masyarakat Maluku Utara, namun tidak menutup kemungkinan dari luar juga bisa ikut bergabung,” kata Bilal dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Total peserta yang mengikuti pelatihan mencapai 17.358 orang sepanjang 2019-2022. Sementara, jenis pelatihan keterampilan meliput pelatihan excavator, wheel loader, dump truck, dan welder. Saat ini, peserta yang sedang menjalani pelatihan berjumlah kurang lebih 800 orang.

“Para peserta ini akan mengikuti pelatihan dalam rentang waktu tertentu. Di akhir nanti peserta bakal mengikuti ujian, dan jika dinyatakan lulus, mereka langsung bisa dikontrak menjadi karyawan PT IWIP,” imbuhnya.

Salah satu peserta pelatihan alat berat, Risal Abdullah, mengatakan, telah mengikuti pelatihan excavator selama 1 bulan 2 hari. Alih-alih melamar sebagai pekerja umum, dirinya lebih berniat untuk mengikuti pelatihan. Meskipun selama pelatihan dirinya belum terikat kontrak sehingga tak memperoleh gaji.



“Tak masalah (belum dapat gaji), karena memang saya ingin belajar dulu. Nanti kalau sudah punya skill kan lebih bagus,” ujarnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)