Perum Bulog Siap Ekspor Beras Kemasan ke Arab Saudi

Senin, 17 Februari 2020 - 17:57 WIB
Perum Bulog Siap Ekspor Beras Kemasan ke Arab Saudi
Perum Bulog Siap Ekspor Beras Kemasan ke Arab Saudi
A A A
JAKARTA - Perum Bulog terus memperluas bisnis perseroan. Direktur Bulog Budi Waseso mengatakan rencana mengeskpor beras ke Arab Saudi akan terlaksana pada pekan ini. Adapun pada tahap awal, pihaknya akan ekspor 100 ton beras. Hal ini seiring permintaan dari Arab Saudi usai meninjau langsung kondisi beras di Indonesia.

"Mereka telah berkunjung langsung ke Bulog untuk melihat kualitas beras serta melakukan uji tanah sawah. Kita akan melakukan ekspor dalam ukuran kemasan renceng 250 gram," ujar Budi Waseso di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Selain kemasan 250 gram, lanjut dia, tidak tertutup kemungkinan ekspor beras dengan ukuran 1 kilogram juga akan dilakukan ke Arab Saudi. Selain itu, Bulog juga membuka peluang untuk mengekspor beras ke negara lain.

"Ada beberapa yang saya jajaki, tapi ini masih kita jajaki. Yang penting kita pastikan kondisi bagus dan kita jamin kondisi berasnya bagus," jelasnya.

Dia menambahkan, beras tersebut akan digunakan untuk konsumsi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Selain itu, beras juga akan dijual untuk WNI yang melaksanakan ibadah umroh atau haji.

"Kuota ekspor beras berpotensi meningkat usai proses evaluasi ekspor tahap pertama dilakukan. "Ekspor beras bisa ditingkatkan ke ukuran kemasan yang lebih besar, yaitu 5-10 kilogram atau lebih," jelasnya

Sebagai informasi beras yang diekspor merupakan beras lokal pengadaan baru. Beras yang digunakan berasal dari stok beras komersial hingga awal Februari 2020. Saat ini simpanan beras jenis tersebut di gudang Bulog mencapai 121,16 ribu ton.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)