Tren Penguatan Harga Minyak Dunia Berlanjut di Tengah Harapan Potong Produksi

Selasa, 03 Maret 2020 - 11:47 WIB
Tren Penguatan Harga Minyak Dunia Berlanjut di Tengah Harapan Potong Produksi
Tren Penguatan Harga Minyak Dunia Berlanjut di Tengah Harapan Potong Produksi
A A A
SEOUL - Harga minyak mentah dunia melanjutkan tren kenaikan untuk hari kedua pada perdagangan, Selasa (3/3/2020) seiring harapan bahwa bank sental cenderung siap untuk memberlakukan stimulus keuangan untuk mengimbangi dampak wabah virus corona. Sentimen lain datang dari optimisme bahwa OPEC bakal melanjutkan pemotongan produksi dengan jumlah lebih besar mulai minggu ini.

Seperti dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah Brent meningkat USD1,48 per barel yang setara 2,5% untuk bertengger di level USD53,18/barel pada pukul 01.48 GMT. Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS yakni West Texas Intermediate (WTI) juga menguat mencapai USD1,33 atau 2,8%, menjadi USD48,07 per barel.

Brent dan WTI telah mencetak rebound selama dua hari terakhir, usai sempat mengalami penurunan lebih dari 20% dari posisi terbaiknya di tahun 2020 pada bulan Januari. Hal ini disebabkan penyebaran cepat wabah virus corona membayangi permintaan bahan bakar.

Sejak Jumat, kemarin tercatat WTI telah memperoleh tambahan 7,9% sementara kontrak bulanan Brent telah naik 7,5%. Hal ini menjadi persentase keuntungan dua hari terbesar untuk kedua kontrak karena harga sempat tertekan kembali setelah serangan rudal pada fasilitas minyak Arab Saudi pada September 2019.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC + diharapkan mengumumkan pemotongan output yang lebih dalam pertemuan mereka pada 5-6 Maret di Wina. Menteri Keuangan G7 juga akan membahas cara terbaik untuk membalikan dampak dari virus terhadap pertumbuhan ekonomi, dan sebagian besar bank sentral telah berjanji meluncurkan stimulus moneter dan fiskal.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7148 seconds (0.1#10.140)