BNI Luncurkan BUNGA Nusantara, Kumpulan UMKM Terbaik Indonesia

Selasa, 03 Maret 2020 - 18:18 WIB
BNI Luncurkan BUNGA Nusantara, Kumpulan UMKM Terbaik Indonesia
BNI Luncurkan BUNGA Nusantara, Kumpulan UMKM Terbaik Indonesia
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengundang 30 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan terbaiknya mengikuti Pameran dan Pelatihan Pelatihan UMKM di Kantor Pusat BNI, Jakarta, selama 2 hari, Senin-Selasa (2-3 Maret 2020). Pelatihan dan pameran ini dibuka oleh Pemimpin Divisi Bisnis Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo.

Dalam kesempatan ini, seluruh UMKM binaan BNI tersebut akan dinilai atau dikurasi oleh kurator profesional, Jennifer Isaacson, bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI New York. UMKM yang lolos kurasi selanjutnya akan diajak berpartisipasi dalam pameran New York Now (NYNOW) 2020.

Sementara, BNI sendiri memanfaatkan momentum ini juga untuk menyeleksi UMKM yang layak diajak berpameran di beberapa event terkenal di dalam negeri, antara lain Inacraft, juga pameran di luar negeri, seperti Dubai Expo.

"BNI melakukan kurasi atau seleksi bagi kelompok UMKM Unggulan yang diberinama BUNGA Nusantara atau BNI UKM Unggulan Nusantara. UMKM binaan yang masuk ke dalam BUNGA Nusantara memperoleh kesempatan untuk satu langkah lagi ke arah pameran ternama, baik di luar maupun dalam negeri," ungkap Bambang Setyatmojo dalam keterangannya, Selasa (3/3/2020).

UKM Unggulan BNI diseleksi dengan berbagai kategori yang sangat ketat, sehingga dapat mewakili Indonesia untuk melakukan pameran di luar negeri sekaligus membuka pasar ekspor kerajinan Indonesia. Sebagai informasi, sebanyak 65% UMKM Unggulan yang hadir pada acara kali ini telah melakukan ekspor dan kontak dagang dengan pembeli dari luar negeri.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Meiliana menyampaikan bahwa UMKM Bunga Nusantara berasal dari mitra-mitra binaan BNI di Rumah Kreatif BUMN (RKB) serta pelaku usaha binaan yang mendapatkan pembiayaan melalui BNI, terutama pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Melalui rangkaian pelatihan hingga kurasi ini, BNI berharap dapat membantu pelaku usaha untuk memperkenalkan produk-produk Unggulan kepada masyarakat sebagai produk unggulan yang telah mempunyai nilai jual dalam skala pameran. BNI juga berharap dapat membuka peluang kerja sama dari pihak lain baik institusi maupun individu dengan UMKM binaan BNI.

"Kami berharap upaya kami ini dapat memberikan kesempatan kepada UMKM binaan BNI untuk meningkatkan kualitas produknya, karena dengan berpameran, mereka dapat melihat produk-produk dari peserta pameran lainnya, sehingga dapat melakukan perbaikan desain, motif, hingga packaging," ujar Meiliana.

Meiliana mengatakan, saat ini BNI telah mendukung pembukaan 45 RKB di seluruh Indonesia. Setiap RKB dibekali dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas produk dan penjualannya, mulai dari pelatihan mengemas, menentukan merek, dan digital marketing. Peningkatan kualitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu produk UMKM secara global.

"BUNGA Nusantara merupakan cikal bakal upaya BNI dalam mempromosikan berbagai produk unggulan asli asal dalam negeri, yang memang sangat kaya dengan kain nusantara, kerajinan nusantara, kuliner nusantara, fashion nusantara," tutup Meiliana.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)