Pemerintah Gelontorkan Rp10 Triliun untuk Paket Stimulus Baru

Rabu, 04 Maret 2020 - 16:19 WIB
Pemerintah Gelontorkan Rp10 Triliun untuk Paket Stimulus Baru
Pemerintah Gelontorkan Rp10 Triliun untuk Paket Stimulus Baru
A A A
JAKARTA - Pemerintah siap menggelontorkan dana lebih dari Rp10 triliun untuk kebijakan stimulus ekonomi yang disiapkan guna mengatasi pelambatan akibat dampak wabah virus corona yang kini sudah menjangkiti Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, vitamin untuk ekonomi nasional melalui kebijakan stimulus baru tersebut terdiri dari delapan paket yang akan segera dikeluarkan.

"Ya kan semua terkait fiskal, contoh tourism fiscal yang mana mencapai Rp0,3 triliun kita akan membuat paket yang mempunyai dampak ke kebijakan fiskal tersebut," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Dia melanjutkan, akan terus memberikan kemudahan perizinan, ditambah kemudahan ekspor, integrasi perekonomian. Adapun kemudahan perizinan ini akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perhubungan (kemenhub).

"Kita akan berkoordinasi dengan kementerian perdagangan, Kementerian Perhubungan melalui Bea Cukai agar dokumentasi ekspor lebih standar kemudian akan didorong kemudahan perizinan-perizinan yang membutuhkan sertifikat khusus," jelasnya.

Airlangga menambahkan akan memberikan fasilitas khusus sebagai upaya untuk mendorong sektor perdagangan yang terdampak wabah virus corona. Salah satunya bakal memperlonggar ketentuan impor untuk sekitar 500 importir yang telah dievaluasi. "Sudah dievaluasi 500 (importir) ini bagus. Kalau 500 ini sebagai importir baik ya kita berikan fasilitas khusus," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)