Telah Disetujui, 8 Paket Stimulus Ekonomi Segera Diluncurkan

Rabu, 04 Maret 2020 - 16:40 WIB
Telah Disetujui, 8 Paket Stimulus Ekonomi Segera Diluncurkan
Telah Disetujui, 8 Paket Stimulus Ekonomi Segera Diluncurkan
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan delapan paket kebijakan fiskal guna menggairahkan kembali perekonomian Indonesia. Hal ini sekaligus sebagai antisipasi dampak virus corona terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan delapan paket stimulus ini akan segera dikeluarkan dan telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dan Kementerian Keuangan.

"Paket ini sudah dilaporkan ke presiden difinalisasi, kami siapkan ada delapan paket kebijakan yang disiapkan empat terkait prosedural, empat terkait fiskal kami komunikasikan dengan menkeu," ujar Airlanggga di Jakarta, Rabu (4/3/2020). (Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp10 Triliun untuk Paket Stimulus Baru)

Dia melanjutkan, delapan paket stimulus ini akan memudahkan pelaku impor dan ekspor bahan baku. Hal ini dinilai penting untuk menggairahkan kembali ekonomi Indonesia.
"Kemudahan impor dan ekspor diperluas, artinya kita jaga momentum peningkatan ekspor. Sedang dikaji juga kemungkinan relaksasi perpajakan PPh, lalu bea masuk, sehingga barang masuk bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produksi," jelasnya.

Dia menambahkan, pemerintah akan terus mewasapadai dampak ekonomi global yang juga masih tertekan. "Ini perlu didorong bagaimana menghindari penurunan risiko dampak pelemahan perekonomian China," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)