Penurunan Suku Bunga Fed Bisa Beri Sentimen Positif ke Ekonomi RI

Rabu, 04 Maret 2020 - 22:03 WIB
Penurunan Suku Bunga Fed Bisa Beri Sentimen Positif ke Ekonomi RI
Penurunan Suku Bunga Fed Bisa Beri Sentimen Positif ke Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank BNI Ryan Kiryanto menilai penurunan suku bunga The Fed (Fed Fund Rate/FFR) sebanyak 50 basis poin akan memberikan sentimen positif ke ekonomi Indonesia.

Sebagai informasi, The Fed alias Bank Sentral Amerika Serikat (AS) telah memangkas suku bunga acuan, sebagai respons terhadap meningkatnya kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari wabah virus corona (Covid-19) yang terus menyebar dengan cepat. Federal Reserve menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin ke kisaran 1% sampai 1,25%.

"Saya kira turunnya FFR 50 bps cukup signifikan ke 1,0-1,25% memberikan sentimen positif ke perekonomian RI. Efeknya dapat terlihat dari pergerakan nilai tukar rupiah dan Asia currencies lainnya yang mendapat efek positif dari pemangkasan FFR yang cukup signifikan 50 bps ke 1,0-1,25% untuk menangkal efek corona yang meluas di AS," ujar Ryan saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Menurut dia, tindakan cepat The Fed ini akan merangsang bank-bank sentral lainnya untuk menyesuaikan diri supaya kepercayaan publik dan pasar di masing-masing negara tetap bisa dijaga.

"Penerbitan surat utang baik dalam rupiah maupun valas akan terbantu denga penetapan kupon bunga yang lebih rendah karena posisi FFR yang sudah turun tajam," jelasnya.

Ryan menambahkan, dengan ini ruang bagi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan BI rate lagi 25 bps ke 4,50% masih terbuka. "Yang penting kesannya jangan ikut-ikutan. Justru The Fed yang mengikuti langkah BI yang duluan turunkan bunga acuan," pungkasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)